SUPERGAHARU

Global Network – Cultivated Agarwood dpurwan@gmail.com +6281218380386

Bagaimana Menanam Gaharu


Dalam literatur dikatakan bahwa pohon gaharu intolerant, sehingga perlu naungan.  Dan pada kenyataannya di lapangan juga banyak ketidakberhasilan penanaman gaharu karena paparan sinar matahari terik  padanya.  Tapi apakah demikian halnya, coba perhatikan tanaman gaharu di Ipoh – Sabah di bawah ini sebanyak 200.000 pohon ditanam dalam kondisi monokultur dan serempak.

Tapi juga bisa dilihat  juga tanaman gaharu di Cantaburi di bawah ini yang juga monokultur pada usia 5 tahun dan sudah mulai di-inokulasi.

Lihat juga tanaman di bawah ini dimana gaharu bercampur dengan tanaman buah-buahan seperti durian dan langsat (?).

Jadi kesimpulannya bagaimana sebaiknya menanam gaharu, terserah pada kita yang mau nanamnya. Yang penting cukup mendapatkan perawatan dan mendapatkan nutrisi untuk hidup.

Dengan demikian lebih baik menanam sekarang juga dari pada  tidak menanamnya. he..he…he…

About these ads

68 comments on “Bagaimana Menanam Gaharu

  1. ilham sinambela
    April 8, 2010

    saya tertarik untuk menananm ini di hutan pendidikan STI Kehutanan Pante kulu Banda Aceh,bagai cara mendapatkan bibitnya

    salam

    • vic
      July 12, 2011

      sy menyediakan bibit gaharu subintegra asli dr kamboja dengan hrg murah
      hub 085373006181

  2. Lenny
    April 15, 2010

    Pertama saya ingin memperkenalkan nama Saya Lenny dan saya berdomisili di Duri – Pekanbaru, dan saya ingin sedikit sharing dan bertanya kepada Bapak, mudah- mudahan bapak bisa bantu.

    Kebetulan kel saya mempunyai lahan kosong yang belum di tanami, dan sebahagian lagi kita sudah menanamnya dengan sawit dan saya sangat tertarik sekali untuk memulai usaha penanaman Gaharu tetapi saya belum mempunyai banyak pengalaman dalam hal ini, jadi saya mohon bantuan Bapak.

    Adapun yang ingin saya tanyakan :
    1. Bibit Gaharu yang baik untuk di tanam di Daerah Duri – Pekanbaru dan jenis- Jenis Gaharu ?
    2. Dimana saya dapat memperoleh bibit tersebut dan berapa harga per batangnya ?
    3. Bagaimana cara penanaman dan perawatan untuk Gaharu tersebut apakah susah jika dibandingkan dengan sawit.
    4. Berapa lama Gaharu dapat di panen ?
    5. Bagaimana untuk pemasaran nya jika untuk daerah pekanbaru ?
    6. Kira- kira berapa modal yang kita perlukan untuk lahan 1 Hektar dan bagaimana kira- kira penghasilannya untuk ke depannya .

    Bisakah bapak membantu saya untuk membuatkan proposal untuk gambaran di atas, Saya mahon maaf jika terlalu banyak bertanya .
    Atas perhatian dan bantuan bapak saya ucapkan terima kasih.

    • bowo
      July 21, 2010

      HATI HATI MEMILIH GAHARU
      gaharu yang direkomendasikan terbaik adalah jenis A. Mallacencis harga per kilo gubal gaharu bisa menembus 25 juta/kg. Proses pembibitan juga akan mempengaruhi kualitas gaharu, mungkin jenisnya bisa sama tetapi pembibitannya yang beda. pembibitan yang baik melalui penyemaian bukan anakan gaharu dari pohon induknya. bibit dari penyemaian tentunya berdasarkan hasil riset teknologi yang sudah teruji. untuk itu kami sarankan, gunakan bibit dari PT. Solid Gold Jaya Indonesia- SJI yg sudah teruji kualitasnya. dengan Anda bermitra dgn PT. SJI kami menjamin bibit unggulan A. Mallacencis didatangkan dari Thailand langsung dan mendapatkan Suntik inokula (nano teknologi) untuk mempercepat terjadinya gubal gaharu (damar wangi berwarna hitam, semakin hitam semakin mahal). dengan bermitra dgn PT. SJI pohon gaharu Anda ketika sdh mencapai diameter lingkar batang min 12 cm bisa langsung disuntik (gratis dari perusahaan, sekali suntik per pohon = 1 Juta) dengan usia pohon 3 – 5 tahun (asumsi per tahun diameternya = 4 cm). Jadi gaharu yg Anda tanam bisa terjamin utk jangka panjang tsb. itu artinya tdk sia-sia menanam gaharu. silakan klik http://www.solidgold2u.net, atau bisa hub saya :
      HP. 085640190925, email. dongkrakboy@yahoo.com

      • Irlan
        July 28, 2010

        Selamat Siang pa’ Bowo,

        Saya sangat tertarik dgn isi postingan anda dan Saya ingin menindak lanjutin informasi yg anda berikan berupa “HATI – HATI MEMEILIH GAHARU “(Topik dalam postingan anda).

        Anda menjelaskan bahwa jenis gaharu yang baik adalah jenis A.Mallacencis,

        Secara pribadi saya sangat berterima kasih atas info tsb,biar dikemudian hari saya tidak salah didalam membeli bibit gaharu,

        Ada beberapa hal yg ingin saya tanyakan kepada anda,

        1)apakah PT.SJI dapat menjamin keaslian dari benih tsb seandainya saya ingin membelinya (Sertifikat atau sejenisnya) dan berapa harga perbibitnya ?

        2).Yang dimaksud dgn kemitraan disini apa maksudnya ?,apakah saya membeli bibit dari PT SJI,Kemudian saya bisa menjualnya kembali dalam bentuk gubal atau seperti apa bentuk kerjasamanya ?

        Demikian beberapa pertanyaan saya,karena saya ada rencana ingin menanam Gaharu.

        Salam,

      • Dewa Nyoman Sudarta
        May 9, 2011

        bersama ini saya sampaikan bahwa saya memiliki pohon gaharu umrnya sudah mencapai 11 tahun dengan salah satu ciri sudah ada buahnya. pohonnya sudah besar dan saya mempunyai 8-10 batang pohon disekitar rumah saya di Tabanan-Bali.yang saya inginkan :
        1. beli pusarium harganya berapa
        2. berapa harga gubal
        3. kalau saya jual pohonnya harga berapa

    • gaharu
      December 20, 2010

      untuk info bibit gaharu sub integra, perawatan, panen dan panen email : gaharusubintegra@yahoo.com
      hp : 081314424889

    • Heber Andrea
      April 16, 2011

      Maaf bu, saya mau nimbrung. Ibu sdah dpt info ttg gaharu tsb? Klau sdh, mohon bagi bu. Saya juga berniat budidaya gaharu di Kab. Siak

      Terima kasih,

  3. tyo ajah
    April 24, 2010

    Saya dari Pandeglang Banten, begini Pak…Saya beserta keluarga tertarik tuk menanam pohon Gaharu dikebun kami, tapi kami tdk mengetahui, bagaimana mendapatkan bibit Gaharu tersebut….tolong beritahu kami,bagaimana mendapatkan bibit Gaharu tersebut, baik yang kualitas Super,atau yg bagus saja…..terus terang kami juga tidak tahu bagaimana memasarkannya didaerah kami…..Tolong Pak Informasinya….atas bantuannya kami mengucapkan, banyak2 terima kasih…..Merdeka.

    • sahri
      July 5, 2010

      yang butuh bibit gaharu bisa hubungin saya di 02196293156

  4. gaharu
    July 29, 2010

    berapa harga bibit gaharu jenis sub integra?trims

    • gaharu
      December 20, 2010

      sub integra adalah varietas nomor 1, harganya lumayan mahal, tp jangka waktu panen tidak selama varietas gaharu yang lain..info : gaharusubintegra@yahoo.com

  5. bowo
    August 6, 2010

    BERMITRA GAHARU PROFIT HASIL PANEN 70% : 30%
    bisnis gaharu saat ini bisa dibilang momen, artinya ini adalah momen yang tepat untuk investasi dana berupa pohon gaharu. bayangkan kalau kita menanam pohon gaharu 5 tahun kedepan, untuk satu pohon saja bisa menghasilkan gubal gaharu 2 kg dan harga minimal gubal 10 Juta/kg, berapa rupiah yang akan kita nikmati ? fantastis bukan ! itu baru saya katakan minimal. padahal dilain informasi bisa menyebutkan harga gubal gaharu 25000 ringgit malaysia (sekitar 50 juta) per kilo. lebih fantastis ! dan apakah itu informasi itu benar ?
    Tingginya harga gaharu disebabkan oleh pasokan export ke Timur tengah yg rendah, itu artinya permintaan lebih besar daripada produksi, indonesia sangat kaya akan gaharu tapi sayang semua dibabat habis melalui penebangan liar yg tanpa memperhatikan resiko.
    bagi rakyat indonesia menanam gaharu merupakan saat yang tepat untuk memperbaiki nasib dalam hal keuangan sekitar 5 tahun kedepan. makanya ini saya sebut dengan bisnis momen. dan setelah 5 tahun nanti pasti banyak orang yang tercengang bahwa melewati waktu lima tahun tanpa menanam gaharu adalah rugi besar, mengapa sudah diberi info gaharu tidak juga mau menanamnya.
    Saat ini kami menganjurkan agar masyarakat menanam gaharu pilih lah gaharu jenis A. Mallaccencis yang telah direkomendasikan PBB dalam apendix II sebagai jenis gaharu yang potensial untuk dikembangkan, tingkat keberhasilan bisa 90%.
    Saya merekomendasikan bermitralah dengan PT Sinergi Bumi Sentosa (www.sinergibumisentosa.com) adalah perusahaan focus di gaharu. mitra dengan PT SBS akan lebih menguntungkan : 1. modal min 500 ribu mendapat 10 bibit A. mallaccencis + inokulasi + sertifikat penjaminan
    2. setelah inokulasi akan dibeli langsung oleh PT SBS dengan harga menyesuaikan harga pada umumnya.
    3. injek inokulan gratis berapa pun banyaknya pohon gaharu yang kita tanam.
    4. usia gaharu rata2 3 – 6 tahun bisa panen, dgn asumsi diameter pertahun 4 cm (inokulasi dilakukan setelah minimal diameter pohon 12 cm).
    Sangat menguntungkan sekali !!
    Untuk info lebih jauh silakan hub, saya 085640190925 email : dongkrakboy@yahoo.com

    • Heber Andrea
      April 16, 2011

      Pak Bowo, kalau untuk daerah Riau ada nggak sistem kemitraan seperti daerah lain. Informasi cara penanaman.perawatan, inokulasi hingga panen dimana bisa didapatkan.

      Terima kasih,

  6. leo c
    August 28, 2010

    saya tertarik dgn penanaman gaharu tapi takut bibit yg ditanam adalah yg kurang cocok . Bagaimana cara membedakan bibit apakah berasal dari jenis malaccensis ataw jenis lain/ trims jwbnya.

  7. musriadi
    September 21, 2010

    Siang Pak Bowo.. Saya musriadi…juga peminat gaharu.
    Hal yang saya ingin tanyakan senada dengan pak Irlan…saya juga ingin mengembangkan tanaman gaharu di daerah saya – Aceh kabupaten Simeulue

    Terima kasih

    Musriadi

  8. Dwi Prihanto
    September 23, 2010

    Saya sebagai pemerhati Gaharu di wilayah Kab. Malang. (Desa Senggreng Kec Sumberpucung), sudah masuk sbg member di PT SBS. Di pekarangan rumah saya tlh menanam Gaharu spesies Gyrinopsgy. Mohon pertimbangan PT SBS agar Ghr Spesies Gyrinopsgy juga dapat ditangani oleh PT SBS di samping Spesies Aquilaria. Trimakasih, sy sdh dpt mengembangkan bibit u/ spesies Gyrinopsgy. (Up-Line sy. P. Ageng-Mlg)

  9. Dwi Prihanto
    September 23, 2010

    Merespon info dr P. Bowo. tentang “HATI HATI MEMILIH BIBIT GAHARU”, yg disampaikan bahwa:
    “pembibitan yang baik melalui penyemaian bukan anakan gaharu dari pohon induknya. bibit dari penyemaian tentunya berdasarkan hasil riset teknologi yang sudah teruji”.

    RESPON:
    Secara alami perkembangan pohon Gaharu adl melalui anakan gaharu dari pohon induknya. dan kenyataannya hasil gaharu alam juga memuaskan. Petani Gaharu di NTB pun menyiapkan bibit gaharu diambil dari anakan gaharu alam yang ada di hutan, apakah hal ini kualitas BIBIT masih diragukan?

  10. Fatizaro Hulu
    September 25, 2010

    saya sudah menanam gaharu 1 tahun yang lalu 500 batang pada lahan 1 Ha. Tingginya sekarang 1.5 m. apa pertumbuhannya normal atau tidak. mohon petunjuk.

  11. Fatizaro Hulu
    September 25, 2010

    saya penggemar menanam gaharu. di kebun kami ada Gaharu yang mempunyai lingkar batang 3m. tingginya 20m. apa pohon gaharu tersebut ada gubalnya. mohon petunjuk.

  12. Maizar
    October 7, 2010

    Saya ingin bekerjasama menanam gaharu dgn pt sbs bagaimana caranya sekarang ini saya mempunyai lahan 10 ha di aceh utara lhokseumawe

  13. hergun fish riau
    October 25, 2010

    saya jual anakan gaharu sudah dari 2003 sampai skrg. rata2 pertumbuhan nya bagus.. yang di kirim thn 2004 di manado bahkan sudah tinggi 4-5 meter.. jika minat anakan gaharu malacensis dapat hubungi saya di sini http://hergunfish.awardspace.com or by phone on 08127674265,

    thanks
    hergun
    pekanbaru

  14. santoso
    December 11, 2010

    Kami bekerjasama dengan SBS sbagai konsultan wilayah Kab.wonogiri ingin mengajak bermitra kerja dengan anda sebagai :
    1. Penjaminan pengadaan bibit gaharu dengan sistem paket pilihan
    2. Penjaminan Proses inokulasi
    3. Penjaminan pembelian hasil panen gaharu
    Hub. 085229662283 ( Santoso )email : santososaputra@rocketmail.com.
    thanks.

  15. ali
    January 22, 2011

    hebat, saya menjual bibit gaharu di daerah medan, sumatera utara. berminat hubungi
    081260010028

  16. badarudin
    January 22, 2011

    cari buku budidaya gaharu,,

  17. Lupianto
    January 28, 2011

    Saya ingin mencari investor yg mau tanam gaharu, di daerah saya (Bangka) saya menjamin ketersediaan Lahan,Bibit,Tenaga,kerja, Vaksin, penyulingan dan pemasaran baik gubal maupun minyak,… Saya bersedia menjadi management nya yg artinya investor terima bersih… Mungkin ada yg minat…
    Hub saya
    HP:081373304039
    Email : kelanagumeg@rocketmail.com

  18. PRASETYO UTOMO
    May 10, 2011

    Saya tertarik dengan tanaman gaharu, mohon informasi :
    1. Jenis bibit yang baik/cocok untuk daerah Jember Jawa Timur.
    2. Informasi alamat yang menjual bibit gaharu di sekitar Jember.
    3. Jarak tanam, sistim tanam (monokultur atau campuran) mana yg lebih optimal dan sistim pemeliharaannya.
    Terima kasih

    • vic
      July 12, 2011

      bibit gaharu sub integra adalah terbaik dunia..jarak tanam 2meter
      hub 085373006181

  19. rian kurniawan
    May 11, 2011

    ada ga pak penampung garu di Singkawang KalBar, soalnya saya berminat utk nanam Gaharu

  20. Fadhil
    May 13, 2011

    Salamwangi..saya sngt berminat dgn gaharu..dimana sy dpt bibitnya utk daerah medan..o ya sy di tapaktuan acehselatan..salamwangi

  21. zainal abidin
    June 8, 2011

    di Jambi, diamana kita bisa mendapatkan mitra kerja, atau tempat penjualan bibit gaharu,

    • Tn. Garus
      January 8, 2012

      kami mempunyai pembibitan gaharu, lebih kurang luas area kami untuk pembibitan 6 Ha, jika anda berminat dapat mengirim permintaan ordernya ke email kami onamaiwa@yahoo,co,id

  22. zainal abidiny
    June 8, 2011

    ada ga ya yg jual kecambahnya ? dimana ?

  23. zainal abidiny
    June 8, 2011
  24. kalim
    June 17, 2011

    Mohon informasi ….
    Kepada teman2 sekalian, dimana saya bisa mendapatkan bibit asli gaharu jenis sub intergra.(keaslian bisa dipertanggung jawabkan) saya beserta teman2 berencana menanam +/- 50 ha. lokasi di medan sumatra utara.Bagi yg punya mohon kontak saya melalui :
    Bpk.Kalim
    0811648315
    kalim_lim@yahoo.com
    terimakasih.

  25. vic
    July 12, 2011

    sy di medan menyediakan gaharu sub integra
    hub 085373006181
    email hw_s1983@yahoo.com

    • jamilam
      December 8, 2011

      saya tertarik akan budidaya pohon gaharu……………….
      dan ingin memesan bibit berupa biji-bijian, dan berapa per biji nya.

  26. robet
    August 28, 2011

    saya punya getah gaharu alami, bukan dr inkulan, minat hub: 085252067284
    lihat potonya disini;

    http://www.facebook.com/medi/set/?set=a.1471963815074.45479.1713012122&l=c588d6f2f1&type=1

  27. rahmad
    October 10, 2011

    susahnyaaa nanam gaharu, apa gak cocok ya kondisi alam magetan untuk gaharu? punyaku bmasih di polibek saja sudah mati. gimana ya caranya biar gak mati? rahmadwidiyono@hotmail.co.id

  28. Andi
    October 28, 2011

    Maaf Bapak/Ibu..kalo di Yogyakarta ,ingin Budidaya Gaharu .Bagaimana,..???dimana saya bisa mendapatkan Bibit Gaharu A. Mallacencis.
    Mohon Bantuannya
    Andisan13@yahoo.co.id
    Hp:085697139079

  29. Kewell Herry
    October 31, 2011

    Saya hanya ingin menanyakan apakah kayu gaharu cocok dtanam di kabupaten samosir? karena daerahnya sudah diatas 1.000m dpl

  30. andika
    November 5, 2011

    Mohon info pemsaran gaharu di bandar lampung???!!! 081540904205

  31. Arif Abdul Roziq Mustofa
    November 7, 2011

    Jika Anda berminat bibit gaharu kami menyediakan bibit gaharu jenis unggul “Aquiliria Malaccensis”. Harga 1 Paket biji gaharu 350.000 dan Harga gaharu polibag siap tanam 1 Paket=50 batang 650.000.
    Khusus untuk polibag order minimal 2.000 Batang.
    Hubungi:Arif Abdul Roziq :085758926061 atau Email:namaku.abd@gmail.com

  32. GaharuKU
    November 8, 2011

    Terimakasih untuk informasi yang diberikan dalam situs ini.

    Banyak manfaat yang kami dapatkan dari petunjuk dan tips penanaman gaharu.

    Sukses selalu untuk anda.

  33. sholehan
    November 21, 2011

    Postingan di situs ini sangat bermanfaat, terimakasih
    Bagaimana caranya bekerjasama dengan PT. SBS?

  34. hadi
    December 1, 2011

    jual bibit gaharu di malang jawatimur dan sekitarnya
    jenis a mallacensis harga 5000
    jenis girinops
    menyediakan jasa inokulan dan jual vaksin inokulan\
    085735825680

  35. nurfauzi
    December 6, 2011

    mari kita jaga dan lestarikan alam kita dengan menanam gaharu,,dengan menanam satu pohon kita sudah brbuat amal kbajikan…selain baik untuk menjaga kelestarian bumi gaharu juga memiliki nilai jual yang tinggi dan populasinya semakin langka,maka dari itu jangan hanya menebang,mari kita menanam dan melestarikan gaharu untuk kita,bumi kita dan anak cucu kita……

  36. sholehan
    December 6, 2011

    saya sedang menanam jenis Aq Malaccensis,… di wilayah Tenjo, Jasinga Bogor, Jawa Barat,.luasan tanah 6000m2.
    Mohon saran dari saudaraku yang sudah pernah menanam Gaharu, untuk tahap awal, apa yang mesti diperhatikan untuk menjaga agar pohon tetap tumbuh,
    Curah hujan saat ini tidak begitu besar…
    Terimakasih sebelumnya,..sholehan

  37. jamilam
    December 8, 2011

    Mohon informasi ….
    Kepada teman2 sekalian, dimana saya bisa mendapatkan bibit asli gaharu jenis sub intergra.(keaslian bisa dipertanggung jawabkan) saya beserta teman2 berencana menanam +/- 15 ha. lokasi di medan sumatra utara.

  38. deni r dijaya
    December 22, 2011

    hahaha kayak pada jual kecap aja pengen selalu yg terbaik …janagn bingungkan masyarakat dong .jadi yang paling baik itu jenis apa yg jelas lah ……

    • sholehan
      January 3, 2012

      he he he , kalo om lebih tau yang bener, posting dong om, jadi saya/ masyarakat yang awam gak Bingung?….

  39. pengamatgaharu
    January 6, 2012

    sebenarnya tidak ada species yang superior dibandingkan yang lainnya, tiap negara provenan gaharu seperti malaysia, vietnam, thailand cenderung akan mengagung agungkan species yang tumbuh di wilayahnya, sayangnya penggiat gaharu di indonesia ada yang menjual bibit bibit impor (yang tidak asli indonesia) seperti subintegra dengan harga yang sangat mahal dan tidak masuk akal, celakanya mereka memberikan informasi yang cenderung menyesatkan…..pesan saya hati-hati dengan penjual bibit semacam itu, tq

  40. syahada
    February 19, 2012

    pak, infonya tentang obat apa sih untuk inokulasinya, obat untuk suntiknya, trus dimana saya bisa membelinya, lalu berapa harga per botolnya atau liternya pak, bisa dibantu kan pak ?

  41. uD. ALAN AGROBISNIS INDONESIA
    February 26, 2012

    SALAM GAHARU MANIA , SAYA MEMBUTUHKAN BENIH MALACENSIS ORIGINAL , TOLONG SMS 0856 4217 6915. KAMI JUGA MENYEDIAKAN PAPAIN SUPER KUALITAS EKSPOR . / EMAIL: HAIZUMMOSLEM@YAHOO.CO.ID /HUBUNGI NOMER DIATAS. TERIMAKASIH , SEMOGA ANDA SEMUA SUKSES

  42. Afriwan
    March 11, 2012

    Mohon info cara inokulasi,pak Didik

  43. wan
    March 21, 2012

    apakah pemasaran gaharu mudah. Soalnya saya check di internet belum saya temukan penampung/pembeli gubal gaharu. Ada yang punya info dimana bisa menjual gubal gaharu. Trim

  44. mamank
    April 4, 2012

    kalau ingin bibit gaharu berkualitas alami dari alam bisa hubungin saya ke
    nomer ini 081259299914 atas nama Ma2nk_atien.
    bisa pesan lewat email : mo2n_man66@yahoo.co.id
    wilayah Kalimantan Tengah

  45. gede sukadewa putra sh
    April 6, 2012

    MEMANG POHON INI SEKARANG SEDANG NGETREND !!, APAKAH 6-7-8 TAHUN KEDEPAN MASIH SEPERTI INI ?; INI PERLU PEMIKIRAN LEBIH LANJUT. KALO POHON CENGKEH SAYA YAKIN 5-10 TAHUN KEDEPAN MASIH TOP KARENA SEMAKIN BANYAKNYA ANAK2 MUDA YANG PEROKOK, APALAGI DI DAERAH GUNUNG/PEGUNUNGAN. ROKOK MERUPAKAN TRADISI BUDAYA YANG SANGAT POPULER UTK TEMAN SEHARI2 “lebih baik gak makan dr pd gak merokok” ungkapan pecandu rokok yg sudah puluhan tahun bercengkerama dengan tembakau. UNTUK ITU BAGI YG PEDULI(tentang kegundahan saya ini), KIRIMKAN SAYA KESAKSIAN2 DR ORANG2 YG BERHASIL DIBIDANG GAHARU KE : I Gede Mustakim SH d.a Maksum Amin Jln A Yani 98 SINGARAJA – BALI phone : 081393377309-081802518894. Thks.

  46. arpan
    April 19, 2012

    asslamualaikum paksuwanto begini pak saya sudah tanam pohon gahartu disamping rumah sekitar 200 pohon dan udah diameter 15 cm ,kalo saya nyuntik sendiri inokulan yang paling baik sekarang ini jenis jamur apa ya pak karna 2 thn yg lalu saya sdah nyuntik 30 phn dengan diameter rata 2 ,50 cm pohon alami tapi setelah saya coba panen dapat hasil satu pohon satu thn paska suntik hanya 10 kg dngn nilai jual per kilo hanya 300 ribu kalo dibanding modal sntik dan proses panen jad terkor pak ? mungkin kwalitas gubalnya belum termasuk gret bagus ya pak ,warna nya masih coklat belum hitam pak .ohya pak yang belum saya panen masih 29 pohon ,tolong pak kalo ada pembeli gaharu hasil suntikan yg lebih mahal harga nya saya akan tebang dan panen pohon saya . tolong kasi saya solusi ya? ….. trimakasih

  47. nuraini
    July 27, 2012

    bagi yang membutuhkan bibit bohon gaharu thailand dan bibit kelapa pandan wangi thailand boleh hubu
    ngi saya : 085277236198/085277083008

  48. nuraini
    July 27, 2012

    lll

  49. MUHAMMAD FIRDAUS S
    October 9, 2012

    MENURUT TEMAN SAYA YANG MERUPAKAN BUYER GAHARU ALAM DAN JUGA BUDIDAYA YANG BERDOMISILI DIWILAYAH SUMATERA,,, DIINDONESIA ADA PULUHAN JENIS SPESIES GAHARU,, DAN BUKAN DILIHAT DARI JENISNYA SEMUA BIBIT GAHARU BAGUS ASALKAN BUKAN GAHARU BUAYA,,, AKAN TETAPI YANG MENENTUKAN HARGA JUAL GAHARU ADALAH GUBAL YANG DIHASILKAN,,,, KARNA SEMUA IKLAN KECAP MENEMPATKAN KECAPNYA DIURUTAN NO 1.

  50. bordot
    October 23, 2013

    kalau dikalimantan tengah dimana saya bisa mendapat bibitnya pak

    • didik
      October 28, 2013

      silakan kami tunggu di 0812 183 803 86. didik

  51. sholehan
    January 9, 2012

    Pak Suswanto,
    bibitnya jenes apa?.. sy perlu sekitar 200bibit bisa dibantu pak.
    saya akan sms ke Bapak. tq

  52. methil
    February 7, 2012

    kang sholehan bisa minta nomer hp nya,saya jg berencana menanam pohon gaharu,,saya tinggal di ciawi,saya ingin melihat tanaman milik kang sholehan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on April 8, 2010 by in Penanaman Gaharu, Plantation and tagged , , , , .
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 465 other followers

%d bloggers like this: