SUPERGAHARU

Global Network – Cultivated Agarwood dpurwan@gmail.com +6281218380386

Inokulasi


 

Inokulasi adalah salah satu hal yang sangat penting dalam usaha gaharu.  Karena resin gaharu sangat tidak mudah terjadi secara alami, sehingga perlu campur tangan manusia seperti dengan pembuatan pelukaan dan memberikan bahan pemicu produksi resin gaharu seperti cendawan dan gahan lainnya.

Cendawan yang biasa diinokulasikan seperti jenis Fusarium sp., Phialopora parasitica, Torula sp., Aspergillus sp., Penicillium sp., Cladosporium sp., Epicoccum granulatum, Clymndrocladium sp., Sphaeropsis sp., Botryodiplodia theobromae, Trichoderma sp, Phomopsis sp., Chunninghamella echinulata.

Pada dasarnya cendawan tersebut membuat pelukaan yang tetap terbuka sehingga memicu produksi resin dari jaringan kayu.  Metoda inokulasi atau penyuntikan sangat bervariasi dari besarnya lubang yang dibuat atau cara membuat lubang.  Lubang dengan diameter 5 mm dapat dilakukan dengan kedalaman 5-10 cm dengan jarak yang lebih rapat seperti 5 cm sehingga satu pohon dapat ribuan lubang dapat dibuat.  Akan tetapi lubang yang cukup besar juga akan menyesuaikan jarak lubang sehingga pohon dapat bertahan dari tempaan angina sehinga tidak roboh.

Tingkat keberhasilan inokulasi pada satu pohon sangat bervariasi.  Perhitungan yang sangat pesimis hasil budi daya pada tahun ke 7 adalah 1 Kg gubal, 10 Kg kemedangan dan 15 Kg abu.   Namun berdasarkan pengalaman optimis di Thailand hasilnya mencapai 5 – 10 Kg Gubal.

117 comments on “Inokulasi

  1. Philip Yaditing
    March 10, 2009

    Dimana saya bole dapatkan ubat inokulasi dan berapa harganya?

    Terima kasih.

    • supergaharu
      March 10, 2009

      Inokulan gaharu bisa kami bantu untuk diusahakan. harganya tergantung bentuk inokulannya dan satuan berat serta jumlah pembelian. harga per kemasan berkisar antara rp 60.000 s/d 125.000

      • rahmat
        February 1, 2010

        alamat dimana?

      • didik
        February 1, 2010

        kami ada di bogor

      • oud maniacs
        February 26, 2010

        maaf ,..maksudnya bapak punya pak daun gaharu…?

      • HASAN,SE
        November 14, 2010

        BAGAIMANA SAYA BISA MENDAPATKAN INOKULON, BERAPA HARGANYA,
        SAYA DARI KALBAR. APAKAH BAPAK JUGA MENYEDIAKAN INOKULON YANG COCOK DENGAN KONDISI DAN JENIS POHON YANG ADA DI KABAR.

        THANK’S
        HORMAT SAYA,

        HASAN,SE

      • Muzakir
        April 7, 2011

        Saya ada 40 pohon dan mau cari pemodal yang mau menanam saham dengan bagi hasil,,, ada gak yang mau memodalkan,,, dan bapak pakek obat 2 tahun atau 1tahun masa panennya,,,

        atau kalau kita pesan obat serta orang yang inokulasi ada gak,,,, kalau ada berapa biayanya per liter obat samapi inokulasinya,,,

        Thaks,,,, saya tunggu jawaban bapak di email

      • Muzakir
        April 7, 2011

        kalau ke aceh berapa per liter,,,, dan kalau ada sampai orang yang inokulasi berapa perliter ada 45batang yang sudah besar,,, jika ada pemodal yang mau menanam modal juga lebih bagus,,,,
        Thakss…..

      • renhard
        May 28, 2011

        di bogor tepat nya dimana, karena saya tgl 14 ini mau ke bogor untuk cari inokulan, berapa no tlp bapak,
        saya ada 58 pohon.

        renhard.s
        0812-83932296
        renhard@jicoagung.co.id

      • Rimba
        August 25, 2011

        Saya mau beli inokulan, siapa yang memiliki, mohon informasi dengan SMS ke saya, Bapak Rimba: 08176893113. Terimakasih.

      • Raflis Efendi
        November 22, 2011

        saya berminat untuk membeli obat inokulasi gaharu, satu batang garahu dengan diameter 30 cm, tinggi 10 meter , umur 16 tahun berapa obatnya harus saya beli, saya tunggu penawaran di email : raflisefendi@yahoo.com, terima kasih sebelumya

      • didik
        December 1, 2011

        per kemasan jenis stik bambu isi 100 batang @ Rp. 100.000,- jarak antar suntikan 15 – 20 cm. dengan pohon seperti itu diperkirakan habis 3 kemasan. tks

      • maman
        December 17, 2011

        Bogornya dmna ya?

      • dodi
        February 1, 2012

        mohon petunjuknya di daerah mana yang sdh Bpk inoculasi dan berhasil,saya mau membeli jg obat gaharu itu utk gaharu saya,tp saya harus liat dulu hasilnya..harga tdk jadi masalah..yg penting berhasil..

    • medison
      March 6, 2010

      Dimana saya bole dapatkan ubat inokulasi dan berapa harganya?

      Terima kasih.

      • hergun
        May 9, 2012

        hai pak.. jika butuh bibit gaharu malacensis dan inokulan nya saya bisa sediakan. lokasi pekanbaru.. hergun 08127674265

    • Busthomi
      March 16, 2011

      mohon info lengkap alamat Bapak, karena posisi saya di Sidoarjo Jatim

  2. iwieng
    March 26, 2009

    mohon info cara order dan apakah produk tersebut sekarang ini ada stock…

  3. yan
    April 15, 2009

    Inokulan gaharu ad ayaang jual g ??

    kalau ada tlp di no :

    0421 21408

    an : Yan ..

    terima kasih

    • azman
      April 27, 2011

      ada,, tergantung,, kita punya 700.000, + ongkos kirim

    • hergun
      May 9, 2012

      saya ada jenis fusarium sp oxy..jika minat.. call aja 08127674265

  4. Lilyana Danella
    April 20, 2009

    Saya ingin mengetahui berapakah harga bibit bagi pokok gaharu dan juga berapa kah kos untuk mendapatkan inokulasinya.. Bagaimana inokulasi di jual? Dalam ringgit malaysia ya.. Tq..

  5. Lilyana Danella
    April 20, 2009

    Berapakah harga untuk untuk inokulasi? Dalam ringgit malaysia ya..

  6. Philip Yaditing
    May 9, 2009

    Supergaharu,

    bagaimana saya boleh menghubungi saudara untuk mendapat ubat inokulan.

    Terima kasih.
    Philip Yaditing

    • faisal
      May 18, 2009

      anda akan memperoleh obat inokulan bila ada pengakuan oleh asgarin

  7. malek
    May 13, 2009

    bisa ngak diajar cara2 bikin inokulan. Tolong

  8. muhsin
    May 26, 2009

    saya tertarik dengan budidaya gaharu tp saya belum tahu persis cara membuat bibit untuk di inokulasikan. terima kasih saya sampaikan jika ada yang ingin membagi ilmu.

  9. Zey
    July 15, 2009

    Inkulasi seperti apa yang cocok pak…???

  10. once papua
    July 23, 2009

    bagaimana saya boleh menghubungi saudara untk mendapt obat inokulan ?

  11. once papua
    July 23, 2009

    bbagaimana saya boleh menghubungi saudara untuk mendapat obat inokulan

  12. bagus pamungkas
    August 11, 2009

    saya ingin mengadakan kerjasama masalah inokulasi. bisa saya dapat brosur mengenai inokulasi.

  13. bagus pamungkas
    August 11, 2009

    kalau boleh no hp yang punya informasi tentang inokulasi. saya mau inokulasi tidak ada obatnya./

  14. madano
    August 16, 2009

    Dibeli ? dicari kyu gaharu dengan kwalitas kacangan tenggelam, AB dan kelas super. `kebutuhan saya tidak terbatas, sapa serius , silakan hubungi 081335703499, saya tunggu tks..

  15. sugiarto kudus
    September 8, 2009

    bagai mana untuk mendapat kan cendawan gaharu di mana di jual perkilo harganya berapa terima kasih salam dari ntb

  16. oud distiller
    October 28, 2009

    di jual cepat ! ! saat ini tersedia stock kayu gaharu mulai dari kelas C hingga AB, …mencari pembeli serius utk semua kelas dan harga bagus.menjual stock limited kayu gaharu dari alam, …syarat beli semua : c – AB + super dan insya allah kami bisa mampu suplly rutin perbulan…cuma quantity nya susah dipastikan..selain itu saya pun menyuling minyak gaharu pure dan murni dari alam.sourcing bahan baku dari bangka dan kalimantan barat.
    untuk informasi detail tentang saya silahkan buka website : http://www.indonesianagarwoodoud.blogspot.com
    maaf bagi yg serius saja, ..please call 081311470157 ( barang skr ada di jakarta ) .trims

  17. oud distiller
    December 28, 2009

    saat sekarang saya lagi butuh garu buaya chips utk keperluan pasar lokal, warna hitam solid ,( bukan warna coklat ) dari jenis ramin ( biasanaya terdapat di kalteng dan sumatra)..apakah ad yg mempunyai stock sekitar 50 kg dan kebutuhan ini rutin, dan harganya berapa per kg…
    kalo ada tlg telp langsung ke 081311470157 ,saya tunggu.trims.indra

    • hergun
      June 3, 2012

      mari gabung bro di grup fb international seller and buyer gaharu from AIPA thanks

  18. ari
    December 28, 2009

    gimana cara sederhana membuat inokulumnya..makasih…

  19. ahmad
    January 30, 2010

    mohon penjelasanya pak….
    bahan baku apa saja yang di pakai untuk membuat inokulon……..
    terima kasih…..

  20. ahmadgharu
    January 30, 2010

    mohon penjelasanya pak….
    bahan baku apa saja yang di pakai untuk membuat inokulon.
    terima kasih.

  21. edi
    February 4, 2010

    fusarium sp cair yg dari bogor berapa harga perliter nya pak,tq

    • didik
      February 4, 2010

      kalau mau saya kirim sample stick untuk uji coba. mohon bisa disampaikan alamat untuk kami kirim. saya hanya minta kirim foto pada saat penyuntikan. dan laporan hasilnya beserta foto ketika sudah panen dan kirimkan sebagian contoh hasil. ditunggu

      • hendra
        April 7, 2012

        pak didik..cari inokulan gaharu yg buat uji coba ….hendra jambi

      • hendra
        April 7, 2012

        saya punya pohon gaharu 45 batang dengan diameter rata-rata 30 cm, kalo bisa bantuan sample inokulannya pak saya ingin coba satu pohon.

        hendra jambi.
        0852 66 057 556

      • bayu
        April 24, 2012

        bisa kirim ke saya sample uji coba nya pak didik

  22. Ahmad
    February 25, 2010

    saya mempunyai stok kayu gaharu yng jenis A. Malakenccis asalnya dari maluku.
    barngnya suda ada di Bandung
    Grade: AB, kacang2 Supr, Kemedangan A,B,C dan kemedangan Suling. Bagi yang membutukan
    Hub:
    Nama: Ahmad
    HP: 081322202189
    E-mail: ahmadgharu@yahoo.co.id

  23. oud maniacs
    February 25, 2010

    saya butuh daun gaharu bagian pucuk muda dan daun mudanya dari jenis aquilaria malacensiss atau microcharpa saja. dan supllier yg bisa kontinyu..harga perkilo saya beli 15.000 di jakarta ,dlm kondisi kering angin 4 hari ( kering tempat teduh ,bukan kering matahari & hygenis ,artinya tidak bercampur dgn barang lain dan tempat pengeringan harus bersih)..harap kirim sample dahulu ,2 -3 kg …
    saya butuh sekitar 200 kg utk tahap awal continiue,.insya allah.silahkan hubungi 081311470157

  24. Rajib
    March 12, 2010

    saya memiliki lahan seluas 100 hektare, dan juga sudah memiliki bibitnya , namun bibit tersebut tidak mencukupi,
    Dan saya butuh orang untuk bisa bekerja sama untuk pengelolahannya.
    ada yang berminat bisa hubungi rajibkandar@gmail.com.
    sekian terima kasih.

  25. ahmad
    March 29, 2010

    Ass…. saya mempunyai lahan seluas 5 hektar di Maluku, dalam lahan tersebut terdapat pohon gaharu sekitar 500 pohon dan sekarang saya mencari orang untuk bisa bekerja sama untuk inokulasi pohon gaharu tersebut.
    bagi yang berminat Hub:
    hp: 081322202189
    Email: ahmadgharu@yahoo.co.id

    • tiemeow
      January 5, 2011

      kebetulan saya jual inokulan gaharu padat dan cair
      yang berminat dan ingin konsultasi tentang gaharu
      inokulan sms saya ke 085692459051
      terimakasih

      • rusdi
        March 12, 2012

        bisa antar alamat g?
        lokasi sarolangun prop. jambi

      • didik
        March 12, 2012

        silakan dikirim alamatnya ke japri atau sms 081218380386

      • rusdi
        March 21, 2012

        Alamat Saya : Jln Lintas Sumatra Desa Sungai Baung Kec. Sarolangun Kab. Sarolangun Propinsi Jambi kl emang bisa datang Hub saya di no ini 085210283151

      • bayu
        April 9, 2012

        pak rusdi ..saya punya inokulan nya…silahkan mampir kerumah saya di sarolangun, tks

  26. hariadi
    April 23, 2010

    apa tidaj menurunkan kualitas dari gaharu tsb kalau kita pakai inokulan..?
    mhn jwbannya…

  27. hariadi
    April 23, 2010

    saya ada pohon gaharu beringin…
    tinggi pohon 20 meter, keliling batang udah 2 meter 10 cm.
    gmn supaya bisa cepat ada hasil dari pohon ini ?
    mhn bantuan nya,,,, hubungi saya di nmr 081352567101

  28. ADRIL SUHERMAN
    May 26, 2010

    saya ada sekitar 20 btg gaharu jenis aguleria malasensis yg sudah siap untuk di inokulasi rata 2 berdia mtr 20 cm.2btg di antara nya sudah saya inokulan denga memakai produk dan tegnig dari kelompok gaharu88 bengkulu yg baru 3bln pasca penyuntikan.dan masih ada sisa 18 btg yg belum di inokulasi.karna keterbatasan modal jadi saya mengajak untuk bekerja sama.bagi yg berminat silahkan hubungi saya via hp 081363393283 atau wwangi17@yahoo.com lokasi saya berada di lubuk basung kabupaten agam sumatra barat.

  29. diah
    June 16, 2010

    saya punya lima batang pohon gaharu, ukurannya sebesar Drum, kira-kira berapa liter saya harus perlukan dan berapa harga per liter? ( cair)

  30. diah
    June 16, 2010

    saya punya 5 pohon A. Malacensis, diameter pohon sekitar 80 CM, kira-kira berapa liter inokulan yg harus diperlukan? berapa perliter?

    • didik
      June 17, 2010

      mbak Diah posisi dimana. kalau 5 phn dan mungkin tempatnya kejangkau dari Bogor, kita boleh kerjasama. ditunggu ya konfirmasinya. tks

  31. ADRIL SUHERMAN
    August 6, 2010

    bagi yg membutuhkan bibit gaharu jnis agualeria malacensis hubungi saya 081363393283 atau wwangi17@yahoo.com bibit umur 5bln tggi 45 cm,dgn harga 20rb perbatang di tmpt untk partai bsr harga bisa nego.saya berada di padang SUMATRA BARAT.persediaan terbatas.

  32. ADRIL SUHERMAN
    August 6, 2010

    asalamualaikum pak..klu memakai obat inokulan buatan bpk berapa lama masa panen paska penyuntikan dan jenis nya apa berbentuk serbuk apa cairan .tlg imformasinya pak 081363393283 atau wwangi17@yahoo.com trima kasih pak.

  33. Yansyah
    September 26, 2010

    Pa saya punya pohon garu berdia meter 30 cm tinggi 8m kira kira Fusarium sp yang diperlukan berapa banyak terima kasih

  34. purnomo
    October 7, 2010

    pak rahmad..? mhn bantuan nya, kiranya bapk bisa sedikit meluangkan waktu membalas email saya ini.

    begini pak, saya minta kontak person bapk. sebab saya berkeinginan mau membutuhkan inokulan.

    terimakasih pak,
    by
    purnomo jambi

  35. Een
    November 8, 2010

    Ass…
    Saya baru memulai usaha gaharu..
    Senang bisa berkenalan dengan Bapak..

  36. ariecodeox
    December 11, 2010

    saya mmbutuhkn obat untuk inokulasi gaharu, brapa harga perliter nya ?. .
    Mohon hubungi di nomor ini 082157347398. Trimaksih.

  37. markus
    December 21, 2010

    saya punya kebun gaharu jenis aquilaria malacensis sebanyak 1.000 batang, saya kesulitan untuk mendapatkan inokulan.
    untuk itu mohon saran dan pendapatnya

  38. tiemeow
    January 5, 2011

    saya menjual inokulan gaharu cair dan padat
    inokulan yang saya buat berdasarkan prosedur lab
    jenis isolat yang digunakan fusarium
    yang berminat
    085692459051

    • rusdi
      March 21, 2012

      Bisa kirim sampelnya g’?

      • bayu
        April 9, 2012

        pak rusdi..kirim alamatnya..saya kirim sample inokulan yang anda butuhkan tks

  39. markus
    January 13, 2011

    mas….saya mau tanya dimana bisa dapat inokulan gaharu, berapa harga inokulan tersebut? jenis inokulanya apa saja, padat atau cair?

    • Bowo
      February 12, 2012

      kami ada inokulan bio tech dr malaysia. Silahkan hub. 089665702654

  40. Perri.M.Nas
    January 21, 2011

    Kami memiliki kayu gaharu yg bukan dari hasil tanam, tapi dari dalam tanah, fosil kayu gaharu yang jika dibakar mengeluarkan getah dan asap yang harum. Yang sudah kami potong dan ada di gudang kami sebanyak 1,3 ton. Kami belum tahu secara pasti jenis/kualitasnya. Yang baru kami lakukan hanya memisahkan antara teras, tengah dan luar/dibawah kulit. Jika ada yang berminat, kami mau menjualnya. hubungi saya di perriemnas@gmail.com.

  41. markus
    February 2, 2011

    mas….saya mau pesan inokulan gaharu yang padat sama cair, prosesnya seperti apa pak?

  42. ahmad supriyoto
    March 8, 2011

    saya perlu pusarium untuk meninjek pohon garu, bagi penjual atau yg tau alamatnya mohon info ke hp saya 081254 117 688, terimakasih

  43. Daniel
    April 1, 2011

    salam hormat. sy mau menawarkan secepatnya
    jika ada yg berminat buyer untuk membeli kayu gaharu asal papua dalam jumlah besar
    untuk harga kami minta dari pembeli. kami siap kirim sampai tempat jakarta or bandung.

    untuk harga penawaran kirim ke Email:
    daniel678@ymail.com

  44. M.y.siregar
    April 11, 2011

    ass. saya berminat tenetang tanaman gaharu, mohon informasi jenis gaharu apa yang berkwalitas tinggi, dan yg cocok utk daerah sumatera(riau). dimana saya mendapatkan bibitnya serta berapa harga per batangnya. trims.

    • ahmad zaini
      February 10, 2012

      assalamu alaikm wrwb. Kami menyediakan bibit gaharu dalam bentuk biji, anakan kecambah dan dalam polibag. Bibit dari alam dan berkualitas. Lokasi@ siabu kec. Salo Kampar. Hub. 085274999650 085278211159 by zaini

  45. harno
    May 4, 2011

    saya punya pohon gaharu beringin sekotar 150 batang diameter 20 cm usi 7 th. saya perlu inokulan gaharu yang sudah terbukti berhasil lokasi binjtang kaltim. ( saya pernah beli inokulan dan sudh saya suntik 1 tahun yang lalu tapi didak ada reaksi apa apa
    lokasi penjualannya kalo ada di samarinda ato balikpapan sehingga saya bisa lihat langsung hasinya ( 081254850142 )
    salam
    harno

  46. wawan
    May 30, 2011

    saya punya bibit gaharu dr pontianak,kalo ditanam di jawa bisa tumbuh dgn baik gak….trima kasih

  47. ade sulaiman
    June 13, 2011

    saya sedang berbisnis gaharu di bengkulu.
    tolong kirimkan daftar harga vaksin gaharu
    saya sedang mencari vaksin untuk kebun gahau .terima kasih.
    adhe.sasuke@gmail.com

  48. jemi
    June 13, 2011

    beli : bagi teman-teman yg mau jual gubal / kemedangan gaharu yang penting bukan gaharu buaya silahkan kirim foto via email plus harganya di alexanjemi333@gmail.com
    khusus yg punya barang / ready stok

  49. wahyu
    November 20, 2011

    saya punya 250 pohon gaharu, dalam masa inokulasi 50 pohon. kira2 tahun depan bisa panen. yang berminat membeli bisa hub nomor ini. juga menyediakan bibit gaharu. 081803847118

  50. ivan
    November 21, 2011

    pak.kalo ada inokulan yang bagus itu berapa harganya..?

    • didik
      December 1, 2011

      harga per kemasan stik bambu dengan isi 100 stik harga Rp. 100.000,-

      • rusdi
        March 12, 2012

        pak. bisa kirim sampel inokulan ga?
        lokasi kami di jambi- sumatra.tq

      • didik
        March 12, 2012

        bisa kita kirim kemana aja. mhn alamatnya via japri.

  51. adam
    November 24, 2011

    sya ada gaharu sina.i atau buatan dalam jmlah yg besar,bagi yg berminat silahkan hub k no 085789115680

  52. m harun
    December 7, 2011

    Bibit Gaharu Agarwood
    jual bibit gaharu/anakan gaharu/biji gaharu

    bibit gaharu Aquilaria Malaccensis, Aquilaria Microcarpa asli kalimantan bibit gaharuh dari indukan yg sudah berumur 50 thun siap antar seluruh Indonesia tinggi 20 sampai 50 cm harga 2000 / bibit stok kami saat ini ada 700 rb dan anakan tinggi 5 sampai 15 cm harga 1200 / bibit /buah biji gaharu harga Rp 600 rb per kg dan macam macam agarwood berbagai jenis dan kualitas hp 082153350119

  53. jamilam
    December 8, 2011

    1 kg buah biji gaharu kira2 berapa jumlah biji nya………..
    Dan Berapa total harga bila sampai si Medan
    Lahan yg saya punya +/_ 10 Ha

    terima kasih

    • Bowo
      February 12, 2012

      biji subintegra kami ada.
      Silahkan hub. 089665702654

  54. Winarsih Manjadda Wa Jada
    January 20, 2012

    pak sya mau tanya,kalo gaharu yg jenis grinopsgmana,sy sudah tanam yg jenis itu,,dan perbedaan da a.malanceis apa

  55. johan
    January 31, 2012

    saya dr sintang. kalbar …………?ada yang jual inokulan garu ga? mohon infonya………..?

  56. eross
    February 9, 2012

    saya ada kayu gaharu, siapa yang berminat hubungi no ini 082182549777
    alamat saya : Kota, BATURAJA, palembang

  57. alihan effendi
    February 16, 2012

    kalau tanam gharu alami dari bijinya brapa tahun baru panen ya….

  58. alihan effendi
    February 16, 2012

    saya sudah punya bibit gharu alami 3000 batang siap tanam,saya mau tnam di antara pohon karet bagus apa tidak?mohon ajari saya tentang gaharu hp 087713536700

    • didik
      February 19, 2012

      ditanam di antara pohon karet bisa dilakukan. selamat menencoba.

      • iswanto
        February 27, 2012

        Om..! sy anto dr jambi. benar ada inokulasi stick bambu dg om? cara tebusnya gmana om? Call 085266145007

      • jun bangun
        October 25, 2013

        bung didik,…saya juga mau inokulasi gaharu tp saya mau langsung ketemu bung didik supaya sy bisa landsung dapat pencerahan dengan benar ttg proses nya dan sekalian saya mau beli fusariumnya juga,…mohon bantuannya pak,…hub sy 087882935181 atau 087888528303….pin 2758D9EB…thanks bung didik,….salam,….

  59. alihan effendi
    February 16, 2012

    pak saya mau bli untuk inokulasi pohon gaharu saya punya 20 batang gaharu umur 15 tahun hp 087713536700 imel fb alihaneffendi@ymail.com alamat palembang baturaja

  60. a r i yusuf
    February 24, 2012

    assalamualaikum , semoga semua gaharu mania, semakin sukses.
    maaf bagi yg berminat cari bibitan daerah jawatimur&sekitarnya ,hubungi ari , UD ALAN AGROBISNIS INDONESIA, via telephon/; 0856 4217 6915, via facebook: perindu surga / email haizummoslem@yahoo.co.id. T E R I M A K A S I H

  61. hergun
    March 17, 2012

    saya bisa menyediakan dan memperbanyak inokulan dari gaharu setempat yg sesuai lokasi pohon gaharu anda.. dari contoh preparat yg bs anda kirimkan ke kami. jika minat dapat hubungi saya di sini..
    hery_gunawan18@yahoo.com or telp di 08127674265, kita bisa memperbanyak inokulan cair dan dengan hrg yg murah bersaing.

    thanks
    hergun

  62. jamaluddin
    March 17, 2012

    umur brapa tahun pohon gaharutx baru bisa di inokulan…..????

  63. Nopri DiCaprio
    March 20, 2012

    saya tinggal di sumatra selatan..kota baturaja… kab oku… 085378322484…nopri…. saya jual inokulan super… yg berminat datang langsung ke kota baturaja… dng nopri…

  64. gaharuriau
    March 21, 2012

    Kami Menjual Bibit GAHARU Berkualitas Rp. 500/btg
    Untuk wilayah Pekanbaru Kota, Kota. Rengat, Kab Bengkalis, Kab Siak, Kab Pelalawan sekitarnya
    HP. 0853 7624 4454
    Pengiriman keseluruh Indonesia insaallah

    Untuk wilayah Ranai, Natuna, Bunguran Barat, Bunguran Timur, P Langong, P Batang, P Sedanau, P selangor dan Kepulawan Anambas sekitarnya
    Hubungi 0853 7624 4454 Bpk. SAKIRUN HP. 0813 7233 5120

    Untuk wilayah Kep. Meranti, Batam Kota dan sekitarnya Selat Panjang, Pulau Rangsang, Rangsang Barat, Merbau, Tebing Tinggi, Karimun, Karimun Besar dan Pulau Mendol sekitarnya
    Hubungi 0853 7624 4454 Bpk. BAKRI HP. 0852 7203 4833

  65. Umbu Efer
    March 29, 2012

    pak tolong nomornya yang bisa dihubungi, makasih

  66. edwin
    April 15, 2012

    saya edwin, bapak nopri di baturaja dimananya? saya beli inokulan.

  67. sujono
    April 29, 2012

    pak saran, mohon buatin rubrik pjelasan kpada kami kendala dan akar permasalahan dalam pergaharuan. agar dapat dipelajari agar meminimalisir kegagalan

  68. aan
    May 6, 2012

    yang berminat saya ada gaharu saba dari kalimantan stok ada 10kg,bisa kirim fotonya,harga nego,hub via email aan2305@gmail.com atau pin BB 22B96369,sms 081221268109

  69. Rio
    May 8, 2012

    Saya tertarik ingin mencoba menanam gaharu,, pertanyaan:
    1. untuk daerah pegunungan dan memiliki kadar air dlm tanah tinggi pohon gaharu apa bisa subur??? Kalo bisa, kira2 brp lama bisa di panen hasilnya??
    2. Kalau di daerah manado sulut dimana jual bibit gaharu??

  70. aan
    May 8, 2012

    saya jual gaharu saba asal kalimantan,yang berminat sms/telp 081221268109 atau pin BB 22B96369,stk sktr 10 kg

  71. angkasa
    August 11, 2012

    butuh bibit gaharu a.malaccensis dalam jumlah besar dan kecil????harga bersahabat n nego sendiri,kirim seluruh nusantara,berminat hubungi 085726562424 ( cv.agro tani makmur)

  72. abdul kadir
    January 23, 2014

    Kami menyediakan product unggulan
    1. Aquilaria subintegra gaharu terbaik no. 1
    2. Malacensis, microcarpa, beccariana/candan gajah dll.
    3. Inokulan gaharu, vaksin, obat suntik gaharu bisa menghubungi saya di
    085355498758
    atau kunjungi juga blog saya :http://gaharu84.blogspot.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 467 other followers

%d bloggers like this: