SUPERGAHARU

Global Network – Cultivated Agarwood dpurwan@gmail.com +6281218380386

Manfaat


Gaharu berupa resin padat yang terdapat dalam jaringan kayu pada dasarnya memiliki enam komponen utama yaitu furanoid sesquiterpene (a-agarofuran, bagarofuran dan agarospirol), furanoid sesquiterpene, chromone (dari jenis A. malacensis), sequiterpenoida, eudesmana, dan valencana. Kandungan tersebut membuat ciri khas gaharu seperti chromone yang memberikan aroma yang harum.

 

Pemanfaatan gaharu yang paling banyak adalah dalam bentuk bahan baku (kayu bulatan, cacahan, bubuk). Aroma wangi atau harum dengan cara membakar secara sederhana banyak dilakukan oleh masyarakat Timur Tengah (seperti Saudi Arabia, Uni Emirat Arab, Yaman, Oman), sedangkan penggunaan yang lebih bervariasi banyak dilakukan di Cina, Korea, dan Jepang seperti bahan baku industri parfum, obat-obatan, kosmetika, dupa, dan pengawet berbagai jenis asesoris serta untuk keperluan kegiatan relijius.

Perkembangan teknologi kedokteran telah membuktikan secara klinis bahwa gaharu dapat dimanfaatkan sebagai obat seperti anti asmatik, anti mikroba, stimulant kerja syaraf dan pencernaan.  Di Cina kuno, Gaharu digunakan sebagai obat sakit perur, perangsang nafsu birahi, penghilang rasa sakit, kanker, diare, tersedak, ginjal, paru-paru, dll.  Di Eropa, gaharu diperuntukkan sebagai obat kanker.  Di India, gaharu juga dipakai sebagai obat tumor usus.  Disamping itu di beberapa negara seperti Singapura, Cina, Korea, Jepang, USA sudah menembangkan gaharu ini sebagai obat-obatan seperti penghilang stres, gangguan ginjal, sakit perus, asma, hepatitis, sirosis, pembengkakan liver dan limfa.

56 comments on “Manfaat

  1. obat alternatif tumor
    November 29, 2008

    nice artikel…
    thanks ya atas infonya….
    sangat bermanfaat…

    • faisal
      May 18, 2009

      kiranya dapat menghubingi kami agar gaharu dpt dikembangkan sebagai obat tradisional yang mujarab,salam asgarin

  2. uswatun
    May 11, 2009

    aku mau tanya ada yang tau cara pembibitan dan perawatan gaharu?cz tempatku kemarin bnyak yang mati?

  3. Zey
    July 15, 2009

    BoZ…. hati2 terjadiNYa Gubal gaharu akibat terinFeksinYa Virus dan jamur…HHHhhh

    • m, luthfi.
      October 20, 2013

      terimaksih.kalau saudara bisa banyak memberikan informasi tentang budidaya tanaman ini

  4. madano
    August 16, 2009

    Dicari ?di beli kyua gaharu dengan kwalitas kacangan tenggelam, AB dan kelas super. kebutuhan saya tidak terbatas, siapa serius silakan kontak 081335703499, thaks , saya tunggu..

    • alfian
      February 29, 2012

      coba hub ke no saya ini di 085652334999

    • Awie
      May 7, 2012

      Salam
      Apa saudara msh butuh kayu Gaharu ???? mohon infonya
      ke 085291567777 ( Awie )

  5. johan
    October 21, 2009

    pak.. kalau beli pohon gaharu, kapan bisa menghasilkan nya
    jika sudah bisa menghasilkan, apa yg diambil ?getah nya ?atau buah ?
    ngambil nya gimana ? dan jual kesiapa ?

  6. oud distiller
    October 28, 2009

    di jual cepat ! ! saat ini tersedia stock kayu gaharu mulai dari kelas C hingga AB, …mencari pembeli serius utk semua kelas dan harga bagus.menjual stock limited kayu gaharu dari alam, …syarat beli semua : c – AB + super dan insya allah kami bisa mampu suplly rutin perbulan…cuma quantity nya susah dipastikan..selain itu saya pun menyuling minyak gaharu pure dan murni dari alam.sourcing bahan baku dari bangka dan kalimantan barat.
    untuk informasi detail tentang saya silahkan buka website : http://www.indonesianagarwoodoud.blogspot.com
    maaf bagi yg serius saja, ..please call 081311470157 ( barang skr ada di jakarta ) .trims

    • Indarto
      August 20, 2010

      berikan spesifikasi barangnya,,, kalau memang barang bagus maka saya siap menampung gubel gaharu anda… dibeli dengan harga tinggi…
      berikan info komplit barangnya ke email saya:

      salim_arsy@yahoo.co.id

      aktifitas saya di jogja dan Kalimantan Barat
      saya tunggu segera

      • lili
        September 11, 2010

        seperti apa sebenarnya gaharu yang dicari, dikampung saya dipedalaman kalimantan banyak aja gaharu. kalo ada yang bisa kasi informasinya tolong infonya ya.. di 08125155061. terima kasih

      • alfian
        February 29, 2012

        hub saya, ke 085652334999 dari kalbar..saya bisa bantu kalau pengen kayu gharu kelas atas

  7. ahmad
    February 10, 2010

    saya butuh daftar harga gaharu semua kualitas, dari kelas super sampai kemedangan, terutama kelas kemedangan kelas pertama sampai terakhir, karena saya banyak stoknya
    mohon bantuannya
    terima kasih…….
    ahmadgharu@yahoo.co.id

    • alfian
      February 29, 2012

      tergantung kelas kayu, bentuk dan berat

  8. rizqi
    February 28, 2010

    kami di padang sedang merencanakan pengelolaan kebun gaharu.. numun kami pengen mencari bibit paling super. alhamdulillah bibit sudah ada namun belum memadai, dan kami juga butuh panduan intensif mulai dari pembibitan, perawatan dan pemasaran .. DAN KAMI JUGA MENERIMA INVESTOR. dangan ketersediaan lahan 100 hektar. bagi yang berminat hubungi email : hidayat.riski@ymail.com. atau bisa dihubungi ke No : 081319922169.

  9. candra kelana
    March 10, 2010

    menjual bibit gaharu berkualitas.hubungi no berikut:hp 0852 7097 0852.

  10. hidayat asta
    June 10, 2010

    saya, konsultan gaharu (sedia bibit gaharu, budidaya gaharu, pemeliharaan gaharu, injeksi & inokulan gaharu, panen & sortasi mutu gubal gaharu, penyulingan minyak gaharu, pemasaran gubal gaharu, dan jasa staff ahli gaharu dan juga jual beli gubal gaharu serta minyak gaharu. saya di kalimantan barat. hp. 081345011904. email. hidayatasta@rocketmail.com

    • didik
      June 15, 2010

      selamat bergabung pak. tentu akan menjadi semakin seru dengan banyak pakar berpengalaman di dunia gaharu.

      • Umar Hasansas
        September 23, 2011

        saya pembuat model kayu gaharu

  11. Merjan
    August 12, 2010

    Kami punya lahan luassekali,kayu gaharu juga demikian, anda tertarik dengan ini,anda tertraik dengan menjadfi investor ? hubungi saya di Solo, di 085727168793.

    Lokasi di nias, disana banyak terdapat kayu gaharu….

  12. ary
    August 20, 2010

    saya punya banyak kayu gawaru dari palopo, stokc ya banyak
    mulai dari kulaitas rendah sampai kulaitas tinggi. harga biasa nogo, kami butuh pembeli serius, jika anda termasuk silahkan konsultasi kepada kami.

    bila saudara tertarik silahkan hubungi di nomor tersebut.

    085255910922
    atau

    arykazmaran@yahoo.com

  13. ahmad anwar
    September 7, 2010

    sy punya pohon gaharu umur 4 thn diameter 35 cm, jumlah tiga pohon, kok dr dulu sy tawar2kan ga laku2, sebenarnya bisa dijual ga sih gaharu tu?

    • Asta
      September 8, 2010

      Asta Konsultan Praktisi Gaharu, Jasa Staff Ahli, Pemasaran. CP. 081345011904.

      Terima kasih atas pertanyaan bpk.
      bapak mau jual brpa 3 pohon itu??…alamat bpk di mn ??.. Menurut saya lebih baik pohon gaharu nya di Injeksi dulu setelah brpa tahun kemudian baru di panen; di jual.

      kalau bpk mau jual pohon ny aja jumlah nya harus banyak pak atau jual satu kebun pak. sebanrnya bisa di jual 3 pohon itu tpi hasil nya jauh lebih baik jika kita injeksi dulu setelah itu baru panen. Trims..Senang membantu anda.

    • lili
      September 11, 2010

      seperti apa model gaharu yang dicari ya, dikampung saya di pedalaman kalimantan ada gaharu, kayu wangi yang mungkin juga jenis yang di cari, bahkan ada yang sampai beberapa ton kalo di kumpulkan,kalo ada yang dapat memberi infomasinya ke saya, terima kasih atas bantuannya
      karini.sampit@yahoo.com

  14. Sanjaya
    October 31, 2010

    Salam kenal sebelumnya..
    Saya penyuling kayu gaharu di daerah pasuruan, saat ini saya membutuhkan bahan baku kayu gaharu papua maupun kalimantan… Barang yang diharapkan sudah ada di daerah Jawa Timur, kalau bisa daerah Surabaya-Sidoarjo-Malang…
    Mohon info juga, barangkali ada yang mau membeli minyak gaharu tersebut.. if serious, contact email: sanjaya_1989@yahoo.co.id
    Terima kasih sebelumnya..

  15. iTum
    November 11, 2010

    sama saya juga bingung… saya punya 30 batang umur 10 thn… cuma jual nya kemana?
    saya di jakarta .. gaharunya ada di kotobaru (perbatasan sumbar jambi).. kalau saya jual aja 30 batang itu tanpa suntik harganya brp perkubik?

  16. avha mamuju
    November 26, 2010

    Dicari pembeli kayu gaharu serius tanpa perantara hubungi di 081340407647!kualitas no 2.wrn hitam coklat bergaris dan hitam kecoklatan no 1.

  17. Herdi
    November 26, 2010

    Saya ingin menjual gharu dgn harga nego siap jual
    barang sudah tersedia …..?
    serius,HB. k’ No. 085245872776

  18. yohan
    December 23, 2010

    saya mau tanya,nama obatnya apa yg kita suntik k pohon gaharu?trus beliny dmn?sy d daerah ntt,tepatny pulau sumba.sy pernah tebang pohon gaharu diameter sekitar -+85 cm.tp cuma dapat yg warnany coklat 4kg,trus sy tdk tau harus jual kmn,sy punya stock mash bayk.terima kasih sebelumny

    • junaidi
      September 15, 2011

      hp.081377070305

  19. yohan
    December 23, 2010

    apa nama obat untuk d suntikan k kayu gaharu? Beliny dmn?thax..

    • junaidi
      September 15, 2011

      kamu bisa hubungi saya

  20. rimoen
    March 1, 2011

    Kepada Yth
    Pak Saya mau menawarkan Pohon GAHARU hidup Dengan Data Sebagai Berikut:
    Pohon Gaharu Tipe= Daun kecil dan Panjang ( bukan Gaharu macan)
    - Diameter = 70Cm Sampai 150cm
    - Ketinggian pohon = Kurang lebih 40M
    - Stock = Ada 300 pohon
    - lokasi = Propinsi Bangka Belitung ( di Hutan Adat Desa Mapur )
    - Ditengah pohon sudah terdapat lingkaran bewarna coklat kehitaman
    - Berat perpohon >/ up 100Kg
    - Perpohon diperkirakan dapat menghasilkan getah > UP 5KG
    - Lokasi dapat dijangkau dengan kendaraan roda 4
    - disample pohon sudah ada aroma harum
    - Harga = Nego borongan / 1 pohon

    Saya menunggu konfirmasi dan kerja sama perusahaan Bapak/ Ibu

    Remoen
    Kuasa pemilik
    081392302587
    Email : jasa_rimon87@yahoo.co.id
    Yogyakarta
    Terimah kasih

  21. Muhammad Nur
    April 6, 2011

    kami menjual minyak gaharu hasil sulingan valve, Rp. 45.000/gram, tersedia 1 Kg, bagi yang berminat dapat menghubungi M. Nur, HP : 08125831782, kami bisa mengirimkan sample, terimakasih.

  22. arif
    April 21, 2011

    sale agarwood oil standart quality from borneo indonesia just $7 /grm
    serious buyer email :
    arief_rakhman32@yahoo.co.id

  23. mayc
    July 11, 2011

    apa benar harga gaharu tuh mencapai miliaran rupiah?????
    kalau emang benar berarti petani indonesia sudah kaya dong….

  24. Fuaddie
    October 22, 2011

    kalau mau saya siap untuk peyediaan bibit gharu

  25. eko setiawan
    October 31, 2011

    sekaraang ada 10 batang tanaman gaharu saya,cuma saya gak tau cara memproduksi nya gimana,kalau ada yang mau kerja sama hubungi saya.085278365457.DITUNGGU KERJASAMANYA….

    • gaharu354
      February 3, 2012

      Kami jual bibit gaharu murah jenis A malaccensis asal kalimantan harga mulai rp.2.000,- lokasi Malang dan Surabaya, hub 031-81021697, 082142873539

  26. vita
    November 9, 2011

    mencari minyak gaharu segera, tolong diinformasikan untuk penjual serius
    mohon hubungi : 021-95776548

    • aby
      January 12, 2012

      saya punya banyak kayu gaharu yg saya ambil dr alam dr hutan2 di wilayah bogor dgn jumlah yg cukup banyak. skrg sudah tersedia di gudang. kalo berminat hubungi saya di 02198893938 (aby)

  27. sam
    January 3, 2012

    saya mau beli obat suntik pohon gaharu?
    pleas jawab……

  28. Muh Anas
    January 25, 2012

    Sangat Manfaat
    thx

  29. sonny onasis
    January 28, 2012

    saya punya gaharu jenis TA SUPER.siapa berminat hub.085258734999

  30. sonny onasis
    January 29, 2012

    saya punya gaharu ukir atau kecambe yg pantas di stem.saya mencari pembeli dari surabaya/sidoarjo.sekiranya bpk ada minat hub 085258734999. Bandmelancholiz@yahoo.com

  31. Ide Hartawan
    February 3, 2012

    Saya punya kayu gaharu super sebenyak 200 pohon dan umurnya 2 Tahun, besar diameter pohan sebesar kaleng susu cap enak.

    Silakan penawarannya (tidak termasuk tanah lahan).
    Bagi yang tertarik Hubungi

    FACEBOOK : idehartawan@ymail.com

    TERIMAKASI…………..!!!

  32. Ir Saptarsono Nursery
    February 12, 2012

    Terima Kasih Atas informasi perihal Manfaat Kayu Gaharu, sehingga bisa menjadikan bahan masukan dan jawaban bagi pemerhati investasi di sektor Tanaman Kehutanan. Salam Sukses.

  33. yahdi
    February 13, 2012

    harga inokulan untuk wilayah riau berapa wak???saya punya 2 btng gaharu yang berdiameter 30 cm, tinggi 15 m, butuh berapa banyak inokulannya???

    • gaharuriau
      March 21, 2012

      JUAL INOKULAN GAHARU

      kami juga menjual inokulan gaharu(bahan pembentuk gaharu)
      Hubungi 0853 7624 4454

  34. a r i
    February 24, 2012

    terimakasih buat para gaharu mania,,,, numpang bapak-bapak yang terhormat. ini ane pemilik UD,alan agrobisnis indonesia punya stock bibit gaharu super barang ada di kediri jawatimur, tinggi rata-rata 30cm ,barangkali ada yg minat hubungi Tn.ari : 0856 4217 6915. terimakasih , siap delivery /antar seluruh indonesia

  35. Buray Ali Faqih
    March 18, 2012

    Saya punya kayu gaharu dan galih/ gubalnya, jenis aquilaria malacensis..insyalloh tidak kecewa, smntara masih glondongan untk lbih myakinkan pembeli, saya berminat segra menjualnya,smntara ada 2 kuintal, gubalnya masih didalam glondongan kayu, dan insyalloh kalo ini segra terjual saya mash mmpunyai stok yang super, saya BERNIAT MENJUALNYA SEGERA, BAGI YANG BERMINAT SEGRA HUBUNGI SAYA,

    Hubungi saya..Ali faqih lampung, 085768432120.

  36. gaharuriau
    March 21, 2012

    Kami Menjual Bibit GAHARU Berkualitas Rp. 500/btg
    Untuk wilayah Pekanbaru Kota, Kota. Rengat, Kab Bengkalis, Kab Siak, Kab Pelalawan sekitarnya
    HP. 0853 7624 4454
    Pengiriman keseluruh Indonesia insaallah
    Untuk wilayah Ranai, Natuna, Bunguran Barat, Bunguran Timur, P Langong, P Batang, P Sedanau, P selangor dan Kepulawan Anambas sekitarnya
    Hubungi 0853 7624 4454 Bpk. SAKIRUN HP. 0813 7233 5120
    Untuk wilayah Kep. Meranti, Batam Kota dan sekitarnya Selat Panjang, Pulau Rangsang, Rangsang Barat, Merbau, Tebing Tinggi, Karimun, Karimun Besar dan Pulau Mendol sekitarnya
    Hubungi 0853 7624 4454 Bpk. BAKRI HP. 0852 7203 4833
    kami juga menjual inokulan gaharu(bahan pembentuk gaharu)

  37. gede sukadewa putra sh
    April 6, 2012

    Yth pak Sakirun, Yth Pak Bakri dkk. keseriusan sy utk menanam Gaharu di Desa Panjianom, Kecamatan Sukasada, Kab BULELENG-SINGARAJA – BALI mhn direspon, dibantu dan disambungkan dengan investor, kemitraan dan sejenisnya, Rencana saya 1000 pohon saya butuhkan ditahun ini untuk kami dan Kelompok GIRI MURTI ; kalau harga yg bapak tawarkan+ongkos kirim cukup terjangkau, maka kami akan pesan BIBIT GAHARU dengan atau kepada Yth Bapak2. hub Nomer kami di : 081393377309.
    Gede Mustakim SH alias Gede Sukadenawa Putra SH.

  38. m aris s
    July 27, 2012

    saya dengar tentang gaharu itu sudah lama,tapi sampai saat ini msh blm tau mau jual kemana. sbnr nya gaharu itu laku gak sih, krna di jual di panglong gak laku buat kayu bakar jg gak bisa. sementara udah kadung nanam banyak.

  39. Axel
    August 30, 2012

    Betul pak kelihatan nya gaharu ini hanya isapan jempol belaka…..
    Yang nama nya pembeli gaharu,sampai sekarang saya tidak pernah ada.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 467 other followers

%d bloggers like this: