SUPERGAHARU

Global Network – Cultivated Agarwood dpurwan@gmail.com +6281218380386

Gaharu Budi Daya


demo suntik gaharu dengan bor mesin

Bor terusss

 Gaharu adalah anugerah Allah SWT yang tak tertirukan.  Sangat luar biasa.  Penyakit pohon menjadi berkah bagi manusia, seperti mutiara yang dibentuk karena kerang (mutiara) yang kesakitan menahan sebuah penderitaan menjadi sebuah kebahagiaan.

Gaharu bermula dari adanya kerusakan fisik seperti serangan hama yang masuk membuat lubang pada pohon kemudian diikuti dengan infeksi cendawan dan deraan pengaruh alam serta cuaca sehingga perlawanan fisiologis tanaman gaharu mengeluarkan resin dan terbentuk dari waktu kewaktu hingga berbilang tahun dekade dan bahkan kita tak tahu sudah berapa lama.  Tiba-tiba manusia datang menebang pohonnya dan mengambil gubal gaharu. 

Tidak semua pohon gaharu di alam terdapat gubal gaharu pada dirinya.  Eksploitasi berlebihan tanpa dibekali presisi yang baik telah mengancam kelestariannya.  Pemicunya adalah harga yang sangat menarik.  Metoda induksi menjadi salah satu pilihan penyelamatan gaharu, seperti yang banyak dilakukan di berbagai tempat seperti di Indonesia (inolulasi dengan cendawan), di Vietnam, di Thailand, di Malaysia, dll. 

10 comments on “Gaharu Budi Daya

  1. deraman ka
    July 31, 2008

    cenderong untuk mendapatkan bibit gaharu dalam polybag. Dalam usaha menanam gaharu dalam skala yang kecil berselang seli dalam pokok getah.

  2. supergaharu
    January 14, 2009

    Saya kira usaha yang sangat bagus untuk menyisipkan gaharu pada kebun karet karena di beberapa tempat dapat tumbuh baik di bawah tegakan karet dan dari pengalaman menanam dengan pelindung (seperti gliriside) akan memberikan keberhasilan tanaman.

  3. arnol
    March 11, 2009

    salam kenal kepada semua komunitas pelestarian gaharu…
    Saya arnol dari kalimantan barat.
    saya mempunyai meuble dari bahan kayu gaharu (ranjang, meja rias, dan meja tamu.), diperkirakan total berat kayunya + 100 kg. meuble itu dibuat tahun 1977 rencananya semuanya mau saya jual, bagi yang berminat dapat menghubungi saya.
    mungkin sementara ini aja letter dari saya ,terima kasih sebelunya.
    hp. 0561-7533215
    arnolraymon@yahoo.co.uk

  4. arnol
    March 11, 2009

    salam kenal kepada semua komunitas pelestarian gaharu…
    Saya arnol dari kalimantan barat.
    saya mempunyai meuble dari bahan kayu gaharu (ranjang, meja rias, dan meja tamu.), diperkirakan total berat kayunya + 100 kg. meuble itu dibuat tahun 1977 rencananya semuanya mau saya jual, bagi yang berminat dapat menghubungi saya.
    mungkin sementara ini aja letter dari saya ,terima kasih sebelunya.
    hp. 0561-7533215

  5. INDRA SURYADI
    March 14, 2009

    ASS. WR. WB
    SALAM GAHARU … SAYA PECINTA DAN PEMBUDI DAYA GAHARU , ALHAMDULILAH GAHARU YANG SAYA TANAM SAAT INI SUDAH LEBIH DARI 3000 BATANG DENGAN USIA RATA2 6-7 TAHUN DAN BANYAK LAGI KELOMPOK PETANI PENANAM GAHARU DIKOTA SAYA BERDOMISILI MEMPUNYAI KENDALA PEMASARAN , KARENA BANYAK TENGKULAK YANG SERING MENAWAR HARGA PRODUKSI GAHARU SANGAT MERUGIKAN KAMI DENGAN BERBAGAI ALASAN KAYU HASIL BUDIDAYA YANG JELEKLAH MENURUT MEREKA , PADAHAL KITA SAMA2 TAHU BAHWA KAYU GAHARU DIHUTAN SUDAH DILARANG SESUAI DENGAN ATURAN / UU DUNIA APENDIK CITES II. MAKA SAYA MENGHIMBAU KEPADA PEMERINTAH AGAR LEBIH PROAKTIF LAGI MENEGAKKAN ATURAN INI , AGAR KEKAYAAN ALAM INI TETAP LESTARI DAN TIDAK HANCUR OLEH ORANG2 YANG TIDAK BERTANGGUNG JAWAB DAN JANGAN BERI KESEMPATAN MEREKA UNTUK MENGHANCURKAN HUTAN KITA. KEPADA PEMERINTAH JUGA AGAR MEMPERHATIKAN LAGI KAMI PETANI SEKALIGUS PEMBUDIDAYA GAHARU LEBIH MEMPUNYAI MASA DEPAN …. TERUS MAJU PECINTA GAHARU …WASS.

    • m.zainal abidin tanjung
      September 22, 2009

      asalamualaikum pak indra suryadi

      tolong berbagi ilmu dong pak tentang penanaman gaharu.
      bapak sudah sukses menanam 3000 batang pohon gaharu,
      boleh tahu kan . sudah berapa dana yang bapak keluarkan dan juga berapa kira – kira keuntungan bapak jika gaharunya di jual, serta di jual pada umur berapa tahun.

      terimakasih pak indra,
      asalamualaikum

  6. kuat subagyo
    May 26, 2009

    gimana cara teknis menoreh atau mengambil getah gaharu atau cara sadap getah gaharu

  7. madano
    August 16, 2009

    dicari ?dibeli kayu gaharu dengan kwalitas Kacangan tenggelam, AB dan Super. kebutuhan saya jumlahnya tidak terbatas. siapa yang serius silakan hubungi 081335703499, saya tunggu..

  8. oud distiller
    October 28, 2009

    dear all ….

    di jual cepat ! ! saat ini tersedia stock kayu gaharu mulai dari kelas C hingga AB, …mencari pembeli serius utk semua kelas dan harga bagus.menjual stock limited kayu gaharu dari alam, …syarat beli semua : c – AB + super dan insya allah kami bisa mampu suplly rutin perbulan…cuma quantity nya susah dipastikan..selain itu saya pun menyuling minyak gaharu pure dan murni dari alam.sourcing bahan baku dari bangka dan kalimantan barat.
    untuk informasi detail tentang saya silahkan buka website : http://www.indonesianagarwoodoud.blogspot.com
    maaf bagi yg serius saja, ..please call 081311470157 ( barang skr ada di jakarta ) .trims

  9. asmonilancieng
    August 12, 2011

    pak indra yang sangat luar biasa saya sangat tertarik pak dengan pohon gaharu dan ditempat saya pohon gaharu tidak ada yg menanam setau saya,,tempat saya di Sumenep-Madura pak,,jadi saya mohon bimbingan bapak mulai dari cara dapat bibit dari pohon gaharu serta bagaimana cara pembudidayaannya,,serta kemudian pemasarannya pak,,mohon saya dibantu pak.ini alamat email saya pak
    asmoni.sareank@gmail.com

    terimakasih atas bantuannya pak,,,salam sukses selalu

Leave a Reply

Information

This entry was posted on August 20, 2009 by in Metode Bangka, Suntikan and tagged .
