SUPERGAHARU

Global Network – Cultivated Agarwood dpurwan@gmail.com +6281218380386

My Review


Sekian lama tidak mengupdate Blog Supergaharu menjadikan saya merasa berdosa. Namun demikian setiap saat traficnya saya perhatikan.  Beberapa orang melakukan subscription.  It’s great.  Rata-rata pengunjung berkisar 100 – 200 orang tiap hari.  Suatu hari saya terhenyak karena kunjungan sampai mencapai 1000 orang lebih dalam sehari.  Ada apa ya.  Saya menduga bahwa di sekitar Jawa Tengah dan dan Jawa Timur ada MLM dengan barang jualan bibit gaharu,  sehingga banyak yang penasaran tentang bisnis gaharu.  Dan sebagian besar yang berkunjung dan bertanya adalah para pemain baru atau yang mau dan ingin tahu lebih banyak untuk memulainya.

Pada saat ini tercatat pengunjung berkisar 500 orang per hari.  Merupakan jumlah kunjungan yang menurut saya sangat besar.  Beberapa pertanyaan dilayangkan meskipun memang tidak selalu kepada saya.  Mudah2an bermanfaat bagi semua orang.   Pertanyaan-pertanyaan yang paling sering adalah dimana saya bisa mendapatkan bibit gaharu dan bagaimana saya bisa mendapatkan inokulan gaharu bahkan dengan istilah yg sudah dipopulerkan teman2 Malaysia dengan sebutan vaksin gaharu.

Bibit gaharu saya bisa melayani sejauh yang bisa saya layani terutama untuk teman-teman di Jawa.  Tetapi untuk teman2 di luar Jawa saya merasa ada sebuah ironi, mereka bertanya sedangkan di sekitar mereka banyak tersedia dan tinggal menjalin network. hanya memang beberapa teman di wilayah2 tersebut tidak cukup tersedia alamat kontak yang bisa dihubungi.  Beruntung banyak juga yang meninggalkan alamat sehingga saya sering merekomendasikan nama-nama tersebut untuk dikontak.

Memang menjadi tidak mudah melayani bahan pembentuk gaharu, karena berbagai alasan.  Saya sudah melakukan uji ke teman2 di Bangka, Putusibau, Aceh, Ende, Palembang, Bali, Bogor, Lombok.  Dan dengan perbaikan formula kini kami beranikan melayani penjualan ke beberapa pemesan dengan harga Rp. 100 ribu per kemasan/100 stik bambu ditambah ongkos kirim.  Yang masih belum bisa dilayani adalah kerja sama penyuntikan karena keterbatasan waktu dan tenaga.  Mudah2an dalam waktu dekat bisa disiapkan tim yang bisa melakukan kerjasama.  Beberapa teman dari berbagai daerah sudah menanyakan antara lain lampung, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Bengkulu, Sumatera Barat, Sumatera Utara, Sulawesi Utara, Maluku Utara dll.

Terus semangat mari kita kembangkan jaringan pengembangan gaharu lebih luas.

Rehat sejenak dengan para mitra kerja. berpesta hidangan thai. sang mentor yang semakin gembul paling depan.

 

Leave a Reply

Information

This entry was posted on November 10, 2011 by in Uncategorized.
