SUPERGAHARU

Global Network – Cultivated Agarwood dpurwan@gmail.com +6281218380386

Pengendalian


A.   Jangka Pendek

1.    Mekanis

Pengendalian    mekanis    merupakan pengendalian yang sangat sederhana, su- dah populer di tingkat petani, yaitu de- ngan cara mengambil  ulat atau telur yang ada di tanaman tersebut. Pengendalian dengan cara ini  mudah diaplikasikan ter- utama pada pesemaian atau bibit yang ba- ru dua tahun, dimana  tanaman masih bisa dijangkau oleh orang dengan berdiri tanpa bantuan alat.

2.    Kimiawi

Pengendalian kimiawi dapat dilaku- kan dengan insektisida kontak,   sistemik atau dengan insektisida yang berbahan aktif mikroorganisme, seperti  Beauveria bassiana atau Bacillus thuringiensis.  Karena hama ini memakan daun dan pada serangan berat  umumnya tanaman  gundul, maka disarankan pada saat penyemprotan dikombinasikan dengan pemupukan lewat daun dengan  pupuk daun seperti gandasil, growmore, dan lain-lain  untuk merangsang tumbuhnya tunas-tunas baru.

3. Nabati

Pengendalian  nabati  merupakan  pengendalian yang cukup sederhana dan dapat dilakukan oleh petani sendiri dengan mengambil bahan-bahan yang ada di sekitar lokasi penanaman  tanaman gaharu.

B. Jangka  Menengah

1. Predator Rangrang

Semut rangrang (Oecophylla smaradigna) merupakan serangga yang mudah ditemukan di pepohonan di perkampungan   seperti  tanaman nangka, rambutan, melinjo, durian, dan lain-lain. Pencarian   sarang   semut rangrang yang memiliki ratu merupakan salah satu faktor keberhasilan dalam perkembangan populasi  serangga tersebut dalam jangka panjang  (Mele  et  al.,  2004  and  Mele, 2008).

 

C. Jangka Panjang

1. Musuh  Alami

Musuh alami, baik parasit maupun predator dari serangga perusak daun tanaman penghasil gaharu H. vitessoides merupakan  suatu cara pengendalian yang sangat diharapkan dalam jangka panjang.

2.    Teknik Silvikultur

Pengendalian dengan cara teknik silvikultur merupakan salah satu cara pengendalian yang sudah menyatu dengan penanaman suatu tanaman dan termasuk pengendalian yang sudah  cukup dikenal oleh petani.

(sumber : Ragil SBI dkk, Puslitbang Kehutanan)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: