SUPERGAHARU

Global Network – Cultivated Agarwood dpurwan@gmail.com +6281218380386

Budidaya


supergaharu, international network for cultivated agarwood, +62 812 183 803 86, dpurwan@gmail.com, melayani jual beli gaharu, promosi, inokulasi, pemasaran.

Budi daya tanaman gaharu sudah mewabah di berbagai tempat di belahan dunia, ini menunjukkan animo yang sangat baik.  Cara pengelolaan tanamannya ternyata tidak berbeda dengan tanaman kayu lainnya.  Perawatan yang intensif dapat memacu pertumbuhan dan mempercepat waktu inokulasi. 

Pada panduan pengelolaan tanaman gaharu, biasanya tanaman sudah siap untuk diinokuladi pada usia 6 tahun. Akan tetapi pada dasarnya tidak ada perbedaan usia untuk dapat menghasilkan gaharu.  Hal tersebut sangat tergantung dengan diameter tanaman. Sehingga pembuatan lubang inokulasi sejauh lebih kurang 1/3 diamter pohon secara spiral dan vertical dengan spasi yang bervariasi tidak menyebabkan pohon rentan patah.  

Perawatan tanaman dengan pemupukan bahan organik sangat disarankan. Sehingga pertumbuhan pohon bisa optimal dan menghasilkan performa batang yang baik. Pemangkasan cabang harus dilakukan untuk memacu pertumbuhan vertikal pohon sehingga diameter pohon dapat berkembang sesuai yang diharapkan dan menghasilkan jaringan batang yang siap untuk dilakukan inokulasi.

Pembuatan jarak tanam pada saat penanaman sangat bervariasi sesuai dengan pola yang akan dikembangkan.  Jarak tanam yang cukup rapat seperti 3×1 m cukup ideal untuk membuat kualitas tegakan vertikal.  Pelebaran jarak tanam dapat dikompensasi dengan perawatan tanaman yang lebih intensif.  Jarak yang cukup lebar seperti 6 x 2 m atau 3 x 3 m memberikan kesempatan untuk mengkombinasi dengan tanaman pertanian sebelum terjadi penutupan tajuk. Beberapa teknis yang dikenalkan bisa dengan monokultur atau dicampur dengan pohon pelindung.

245 comments on “Budidaya

  1. rara
    July 16, 2008

    bisa ga nyantumin karakteristik batang, daun bunga dan buah dari jenis aquilaria malaccensis secara detail y…………..
    pliss bgt………

    klo bs scepatx

    • Taufik
      March 10, 2010

      Anda bisa lihat dan baca pada buku Budidaya Gaharu yang kami miliki… untuk pemesanan hubungi Taufik 081272032377 atau ke email apung_opik@yahoo.co.id

      • Taufik Rahman
        November 1, 2010

        dkrnkn tlh tjadi musibah pd diri sy untuk contact no hp dganti dg no 085669972777

  2. Ali Imran Batubara
    August 1, 2008

    Budidaya dan Teknologi Inokulasi Gaharu di Bengkulu

    http\\:gaharu88.blogspot.com

    Kelompok Gaharu 88 telah melakukan penelitian budidaya dan teknologi inokulasi Gaharu (aquilaria,sp) di Propinsi Bengkulu sejak tahun 2002. Gaharu merupakan tumbuhan yang memiliki nilai ekonomis yang sangat tinggi dan manfaat yang beragam. Gaharu merupakan tumbuhan yang terancam punah (Appendix II CITES) akibat pengambilan dialam tidak terkontrol dan pembudidayaan Gaharu belum memasyarakat. Pembudidayaan Gaharu selain dapat meningkatkan perekonomian masyarakat juga merupakan usaha pelestarian lingkungan dan tumbuhan itu sendiri.

    Dari hasil penelitian yang kami lakukan, Gaharu dapat dibudidayakan pada pekarangan rumah, kantor, pabrik, kebun, Hutan Kota dan sebagai Hutan Tanaman Industri.

    Untuk penjelasan lebih lanjut tentang proram ini, kami siap mengirimkan proposal rencana kegiatan yang lebih detail.

    Demikian dari Kami, atas perhatian dan info baliknya kami haturkan terimakasih.

    Hormat Kami.

    KELOMPOK GAHARU 88

    Ali Imran Batubara

    • Firman jaya
      July 14, 2009

      Saya sangat berminat untuk mengembangkan gaharu lewat budidaya kedepannya. namun terhalang oleh berbagai kendala, kendala yang utama adalah sosialisasi tentang gaharu. saya telah berupaya membuat brosur-brosur tentang gaharu namun masyarakat masih banyak yang belum paham tentang gaharu.

      Lewat colom ini saya ingin minta saran dan bantuan dari bapak dari kelompok gaharu 88 gimana cara memaksimalkan budidaya ini khususnya di sulawesi selatan.

      Firmanjaya, 081358901719

      • Gatot Rahman
        November 13, 2009

        Mohon informasinya di mana saya bisa dapat bibit pohon gaharu untuk ditanam di kota Bogor dan bagai mana pemasaran dari hasil phon gaharu

    • virly
      December 10, 2009

      pak ali, apakah ada no e-mail bapak yg bisa saya hubungi ? saya mau mencari teknik pemeliharaan gaharu untuk keperluan sebuah penelitian.
      terima kasih.

    • Taufik
      February 16, 2010

      Yth. Kelompok Gaharu 88

      Salam hormat,

      Saya minta Proposal Program Gaharu untuk dipelajari dan mudah2n kita dapat bekerjasama dalam rangka menghijaukan bumi kita dan mensejahterakan rakyat.

      salam,

      Taufik

    • rizqi
      February 28, 2010

      Terima kasih atas pemberi tahuan yang saudara berikan. Maka kita harus bertanggung jawab atas lingkungan kita yang tercinta ini. salah satu solusinya adalah membudayakan pohon-pohon yang produktif untuk generasi setelah kita nantinya. untuk menanggulangi kepunahan pohon garu ini kami menyediakan lahan kosong 100 hecktare tanah ulayat. untuk ditanami Pohon Gaharu. Dan kami sangat mengharapkan INVESTASI dari saudara-saudara yang mau. bagi investor yang berminat bisa hubungi ke hidayat.riski@ymai.com

    • rizqy
      March 21, 2010

      saya sangat berterima kasih atas informasi dan kebersedian bapak untuk memberikan perhatian terhadap gaharu. saya mohon bapak bisa memberikan / mengirimkan proposal rencana kegiatan yang lebih detail. karena saya di padang sudah berencana menanam pohon gaharu dengan lahan 100 ha. sedangkan bibit baru tersedia 500 batng. rancangan proposal itulah yang sangat kami harapkan untuk bisa join dengan teman-teman yang lainnya… tolong kirimkan ke email : hidayat.riski@ymail.com
      terima kasih…
      semoga kita bisa menjalin kerja sama yang baik..

      • N. Fakhri
        August 15, 2010

        saya dan kawan2 sdh menanam hampir 40 ha di kab. Kotabaru Kalsel dg umur tanam antara 2 – 4 tahun… sekarang sdh ada yg di enokolasi atau suntik… untuk info lebih lanjut bisa hub saya…. Dan bahkan pohon Gaharu alam dg diameter 80 cm – 100 cm banyak yg tumbuh…. kalau mau kerja sama untuk mengolah jenis BMW kami siap

        N. Fakhri 087817054311 – 081250072152 TQ

    • N. Fakhri
      August 15, 2010

      ditempat saya banyak ditemukan pohon gaharu alam dg umur tanam puluhan bahkan mencapai ratusan tahun Bagaimana caranya mengolah BMW atau Black Magic White… By. N. Fakhri 087817054311 atau 081250072152

    • salman alhamidy
      October 21, 2010

      mohon dikirimkan modul tentang nilai ekonomis tumbuhan gaharu dan prospek ke depanya trima kasih

    • RUDI
      December 1, 2010

      Saya sangat membutuhkan Kayu gaharu, Apakah ada yang bisa memberikan saya informasi di mana saya bisa mendapatkan Kayu gaharu ?

      hub saya di 0878 212 17017

      • hery
        December 4, 2011

        perlu berapa banyak mas?kualitas apa?

    • reka
      December 29, 2010

      ass.. bisa minta proposal rencana kegiatannya. tks

      • reka
        December 29, 2010

        kalo di padang, beli bibit gaharunya diman.? ada info g’..?

    • rokib
      April 13, 2011

      pak ali imron yg saya hormati,,,,saya mohon kirimkan proposal rencana kegiatan penanaman gaharu kealamat mail saya; ken_mas44@yahoo.com,…terimakasih

    • Heber Andrea
      April 16, 2011

      Saya mau budidaya gaharu di kab.Siak Riau. Lahan gambut, sudah ditanam sawit. Mohon informasinya dimana bisa mendapatkan bibit di Riau. Apakah ada sistem bapak angkat utk daerah Siak-Riau. Dan bagaimana cara budidayanya hingga pemasarannya di daerah Riau.

      Terima Kasih informasinya,

      • azami
        April 25, 2011

        saya ada bibit gaharu cukup banyak, lokasi kampar Riau. Peminat serius hub. Hp 085274999650

    • Indra Yadi
      April 18, 2011

      Saya tertarik membudidayakan gaharu. Kirim ke saya proposalnya. mail: orix14@gmail.com
      HP. 08994411151

    • Eddy Santoso
      September 21, 2011

      Pagi pak. Saya mau minta informasi tentang tempat pembelian bibit unggul pohon gaharu. Sekalian saya minta bantuan dan bimbingan bapak, bagaimana cara yg baik dan benar menanam pohon gaharu mulai dari bibit, cara perawatan, pemupukan, pencegahan hama sampai dengan panen. Saya sangat tertarik dengan budidaya pohon gaharu. Lokasi saya di Ketapang, Kalimantan Barat.
      Terima kasih atas perhatian dan bantuannya.

      Alamat email saya: tatutu99@yahoo.com

    • Dendi
      October 17, 2011

      Dear Kelompok Gaharu 88,

      saya berminat untuk mengetahui lebih dalam mengenai budidaya gaharu, mohon di kirim proposal rencana kegiatan, agar lebih jelas .
      terimakasih sebelumnya

    • emka agus salim
      November 2, 2011

      As. Pak Ali imron bisa dapat dikirim proposal rencana kegiatan dari kelompok agar saya dapat mempelajarinya.

    • suyanto
      December 9, 2011

      saya skrg baru mulai tanam pohon gaharu tapi hasilnya susah hidup bagaimana dan cara merawat gaharu yg baik

    • alifa
      January 17, 2012

      saya ingin sekali membudidayakan gaharu tapi kesulitan mendapatkan bibitnya, dimana saya bisa mendapatkanya dan berapa harganya, ada yang bisa bantu . . .?

      • rusdi
        March 22, 2012

        posisinya dimana? kami bisa menyediakan bibit

  3. soer_de_poer
    August 11, 2008

    bisa minta tolong data produksi gaharu nasional (per propinsi ga), penting neh buat riset gw.
    kalo bisa secepatnya ya.

    Thx.

  4. iwan
    September 23, 2008

    Bila kita menggunakan bibit aquilaria malaccensis. berapa hasil produksi tanaman gaharu per pokok/tahun, bgm pembagian kualitas yang diperoleh dari hasil panen ( mis. berapa % kualitas a, b dsb)
    Tks pak atas infonya.

  5. ridwan ali
    November 11, 2008

    saya punya tanah gambut dalam 1 meter didalamnya ada tumbuh meranti apakah bisa ditanam gaharu dan juga ada tanah darat ditempat lain. Dimana ada kebun gaharu yg boleh dilihat dan kalau mau belajar nanam gaharu kemana dan kepada siapa mohon bantuan

    • Taufik
      February 16, 2010

      POSISI SDR DMN???

      • girls
        March 19, 2011

        saiia mau budidaya garu,,, tapi gx tau d mn saiia bs mendapatkan bi2t gaharu yg deket di wil saiia saiia berada di baturaja (palembang) sumsel… mohon bantuan dan infonya nova_sapriana@yahoo.com 081958338332

    • Ali akbar hutagalung
      February 7, 2011

      saya juga telah menanam di lahan gambut, labuhan batu.sumatera utara, hasilnya baik2 saja, walaupun tanahnya asam tinggi

  6. lucky
    December 16, 2008

    ingin mengetahui nama dan jenis2 gaharu lengkap dgn gambar pohonnya, bagaimana cara memperolehnya (pesanan), sekaligus cara pemeliharaan dan prospek ke depan. Terima kasih

    • Taufik
      February 16, 2010

      untuk sharing & berbagi cerita bisa hubungi saya di apung_opik@yahoo.co.id atau 081272032377

      • Taufik Rahman
        November 1, 2010

        untuk kontak hp bganti nomor 085669972777

  7. dedi ismayadi
    December 24, 2008

    saya tertarik dg budidaya gaharu, bisa ga infokan ke saya secara detail cara2x perawatannya? pemeliharaannya. thanks

    • Taufik
      February 16, 2010

      untuk sharing pengalaman dan bisa melihat tanaman saya bisa hubungi saya di apung_opik@yahoo.co.id atau 081272032377

  8. taufiq
    January 14, 2009

    saya penanam pohon gaharu jenis “aqualabibiria subintegra” asal bibit dari kampucea saya ingin mengetahui tentang jenis jamur yang di GUNAKAN untuk inokulasi apakah sama atau tidak?,dan jenis bahan (kandungan jamur) yang di pelukan kadar persen?.adakah jenis bahan yang perlukan ianya dari bahan kimia organic atau dari kimia apa yang sesuai?.saya bertanya,sebab mungkin tindak balas bahan jamur untuk setiap pohon yang berlainan jenis dari kumpulan pohon gaharu.sebab jenis SUBINTEGRA di tempat kita ada atau tidak?.saya belum pasti.mohon penyelidikan keterangan bahan untuk di inokulasi ke pohon gaharu jenis “subintegra”semoga saya dapat penerangan dari persatuan “BUDI DAYA” saya ucapkan terima kasih segala bantuan dan bimbingan yang saya perlukan.sekian terma kasih.As.w.wb.

    • hendra
      June 7, 2009

      pak didik…

      atau reka2n disini..ada yg punya /jual bibit gaharu ” SUB INTEGRA ‘ yg dari thailand nga ya..saya mau beli…trims.

      • Taufik
        March 1, 2010

        saya ada GAharu Jenis Aquilaria Malaccensis.. jika berminat hubungi 081272032377

      • gaharu
        July 29, 2010

        jual sub integra dari thailand
        info : 021-98707380.trims

      • bowo
        August 6, 2010

        Jual A. Malaccencis per bibit Rp 50.000,- untuk pembelian partai dapat dinego, ada fasilitas inokulasi gratis ! silakan hub. 085640190925 email. dongkrakboy@yahoo.com

      • gaharu
        December 14, 2010

        Jual Gaharu Jenis Sub Integra tinggi 1-1,5Meter, hubungi : 081314424889.terima kasih

    • duta
      March 1, 2010

      mas taufiq posisi dimana ya? ada bibit sbntgra-nya gak? kalau ada mau boleh beli. tks

      • Taufik
        March 10, 2010

        posisi saya di Jalan Lintas Timur SB 17 Dusun Sundajaya Kampung Sanggar Buana Kecamatan Seputih Banyak Kabupaten Lampung Tengah Provinsi Lampung

  9. mardian Arief
    February 27, 2009

    maaf pak, boleh tau dimana mendapatkan bibit gaharu untuk wilayah medan?alamat yang mungkinb menyediakan bibit gaharu tersebut? atau no telp yang bisa sayahubungi? saya tertarik dengan prospek gaharu keepannya. terima kasihsebelumnya.

    • Ali Imran Batubara
      November 11, 2009

      Bagi yang berminat utk budidaya dan inokulasi kami siap memberi pelatihan serta dan juga menyediakan bibit gaharu yang telah diujicoba hasilnya serta bahan inokulasi.

      • emka agus salim
        November 2, 2011

        Boleh pak ali imran saya berminat ikut pelatihan budidaya gaharu dan inokulasi yang bapak selenggarakan.

      • Hamonangan Tambunan
        November 10, 2011

        Dimana pak Ali bisa diambil bibitnya. Apakah ada di Medan?

    • medan
      March 12, 2010

      untuk mardian arif

      Kalau mau beli bibit gaharu di medan datang aja ke dinas kehutanan provinsi jl. sisingamangaraja depan jl garu 2 universitas muslim nasional. Bgm menghubungi sdr? tlp.?

    • Syaiful amri
      December 25, 2010

      to Bapak Mardian
      kalau ingin mencari bibit gaharu jenis aqularia malacensis kontak aja kelompok petani gaharu Aroma perdana di Bahorok langkat dengan Bapak Mahmuddin Sany No. HP081362286599, harga nego!
      kondisi bibit ok!

    • Ali akbar hutagalung
      February 7, 2011

      saya menyediakan bibit gaharu, tinggi 50 Cm
      dan kami juga telah menanam di beberapa tempat, labuahan batu, laut dendang, patumbak dan hamparan perak
      20.000/pokok
      hubungi 081260010028

    • ali
      February 28, 2012

      dimana bisa didapatkan bibit gaharu untuk daerah Tegal

  10. Zey
    July 15, 2009

    komoditas bibit gaharu yang berkualitas sekarang sangat susah sekali diDapat…. dri hutan alam yang dulu banyak pahon induk (Plus) sangat banyak sekali dan sekarang susah didapat…..

    O Y dalam kawasan 5 Ht kRa2 perlu modal berapa untuk pembudidayaan Gaharu…???

  11. madano
    August 16, 2009

    dicari?dibeli kayu gaharu dengan kwlaitas AB dan super, siapa yang serius siakan hubungi 081335703499, kebuuhan kami tidak terbatas..

    • hariadi
      February 12, 2010

      kalau gahru beringin berapa berani beli dari saya per kg…
      bs hbgi saya di 085245262778
      hariadi

    • lily
      July 26, 2010

      saya punya pohon gaharu sdg inokulasi 50 btg,,umur 20-50th diameter60 di sungai bengkal jambi…rencana mw jual bln 12 ini…,kami jg mw jual lahan sawit udh panen 6th,/ha 50 jt hrg nego…di tembesi jbi…,ada tanah kosong 400ha,jual /ha 16.5 di pppinggir jln arolangun jbi ..hp 08127419720-081994586284..jambi..

    • rendi
      November 27, 2010

      rendi :
      saya mau jual garu 1 batang full yang masih utuh dalam bentuk batangnya dan akrnyapun masih ada, semuanya hasil kelola warna hitam dan panjang garu sekitar 2 M, besarnya seperti pohon dewasa ,untuk beratnya saya mohon maaf belum pasti. jika adaq yang berminat hub saya 081280175132, di tunggu cepat barang terbatas. trimakasi.

    • Imron Abimayu
      September 17, 2011

      Saya tidak memiliki pohon gaharu, tapi saya memiliki getahnya kurang lebih 4 kg dengan ciri-ciri hitam pekat & kenyal seperti aspal.
      Saya hendak menjualnya, apabila bapak berminat silahkan hubungi saya di nomer 085241445454 atau di imron.abimayu@gmail.com
      Apabila barang masih kurang saya akan usahakan dalam jumlah yang lebih banyak.

  12. angela
    August 29, 2009

    pak, saya mau bertanya.. apakah bisa Bibit Gaharu ditanam di daerah NTB? khususnya LOmbok?

    apa bisa ditanam di pinggir pantai?

    kalau bisa, jarak dari pantai brp?

    terima kasih..

    • gaharu
      December 14, 2010

      bisa ditanam tapi di usahakan 1 Km dari bibir pantai, info hubungi : 081314424889, email : gaharusubintegra@yahoo.com

  13. dedy
    September 25, 2009

    saya mau cari bibit gaharu untuk di riau……..mhn bantuan 085271129444

    • bowo
      August 6, 2010

      silakan bermitra dengan kami, untuk pembelian minimal 250 bibit akan kami kirimkan lewat paket gaharu jenis A. malaccencis, modal kemitraan hanya 500 ribu + inokulasi gratis + sertfifikat sebg jaminan inokulasi. hub 085640190925

      • David Budijuwono
        March 16, 2011

        Pa Bowo,

        saya tertarik untuk membudidayakan gaharu… bagaimana cara kemitraan yang bapak tawarkan ? dan berapa investasi yang harus dikeluarkan ? mohon pencerahannya

      • mulia
        October 25, 2011

        ass.saya tertarik untuk budidaya kemitraan tanaman gharu,,mulyadi madiun.02491379750

      • emkaass
        November 2, 2011

        saya ada pohon gaharu lebih dari 10 btg dg diamater di atas 40cm bagaimana sistem kemitraan yang bapak tawarkan?

      • didik
        December 1, 2011

        pak emka. bentuk kemitraan bisa kita bicarakan lebih lanjut. kami bisa dihubungi di 0812 1838 0386 tks

  14. oud distiller
    October 28, 2009

    di jual cepat ! ! saat ini tersedia stock kayu gaharu mulai dari kelas C hingga AB, …mencari pembeli serius utk semua kelas dan harga bagus.menjual stock limited kayu gaharu dari alam, …syarat beli semua : c – AB + super dan insya allah kami bisa mampu suplly rutin perbulan…cuma quantity nya susah dipastikan..selain itu saya pun menyuling minyak gaharu pure dan murni dari alam.sourcing bahan baku dari bangka dan kalimantan barat.
    untuk informasi detail tentang saya silahkan buka website : http://www.indonesianagarwoodoud.blogspot.com
    maaf bagi yg serius saja, ..please call 081311470157 ( barang skr ada di jakarta ) .trims

  15. firman jaya
    November 1, 2009

    ada yang minat akan getah gaharu…… silakan hubungi saya di nomer 081358901719 atau 0335 4438917

    • Taufik
      March 1, 2010

      alamat saudara dmn??? hub.. saya di 081272032377

      • tjetjun
        March 1, 2012

        numpang tanya pak, getah gaharu itu apa yah ? thks

  16. mosa
    November 11, 2009

    klu tanaman gaharu yang baik tetap aqularia malancensis, gaharu beringi, gaharu padi lebih cepat pertumbuhanya apalagi dirawat intesif

  17. Haekal Alfaridzi
    November 18, 2009

    tempat pelestarian gaharu dimana ?? tolong kasih tau saya yahhh …

    • Taufik
      March 1, 2010

      pengen tau t4 pelestarian Gaharu sakah satuny.. hubungi saya 081272032377

  18. virly
    December 10, 2009

    saya sdg melakukan riset, menjadikan tanaman gaharu sbg tanaman sela diantara tanaman karet.sekarang umur tanaman karet baru TBM1, TBM2, dan TBM 3. umur gaharu sendiri baru 10 bulan, pertanyaannya :
    1). gimana utk 1,kegiatan pemeliharaannya ya terutama pemupukkan, sampai tanaman tersebut siap diinokulasi? pupu organik apa yg direkomend ? kalo pupuk kotoran ayam, bgmna teknis pemberiannya ? pupuk anorganik apa juga diperlukan ??
    2). krn ditanam sebagai tanaman sela di tanaman karet, sedangkan tanaman karet sendiri perlu cover crop di piringannya…bagaimana dgn pertumbuhan tanaman gaharu jika piringannya ditanam cover crop??

    mohon sharingnya, terima kasih

  19. dadang sudharman
    December 17, 2009

    maaf pak, boleh tau dimana mendapatkan bibit gaharu untuk wilayah Kabupaten Tasikmalaya/Jawa Barat?/alamat yang mungkin menyediakan bibit gaharu tersebut? atau no telp yang bisa sayachubungi? saya tertarik dengan prospek gaharu . terima kasih
    Reply

    • Taufik
      February 16, 2010

      saya bisa bantu hubungi 081272032377

      • bowo
        August 6, 2010

        hubungi juga saya Jateng, 085640190925

  20. fendi
    January 19, 2010

    Salam lestari dan sukses selalu
    Saya punya lahan kosong kurang lebih 3 ha dan saat ini mulai di tanami sengon tetapi melihat dari peluang saya tertarik dengan tamaman gaharu. saya rasa jika tim gaharu 88 bersedia memberikan informasi, bimbingan dan sekaligus jemainan pasar saya rasa masyarakat banyak yang mau bekerjasama sebagai investasi masa depan di kebun-kebunnya termasuk saya. sebagai gambaran saya tinggal di Lampung dan dan aktivitas sehari-hari selalu berionteraksi dengan kelompok-kelompok tani. Mohon penjelasan lebih detail tentang varietas pohon gaharu yang tebaik yang jenis apa dan proses budidayanya

    • Taufik
      February 16, 2010

      Saya bisa bantu….silahkan hubungi 081272032377

  21. fgmgki
    January 22, 2010

    Tlg kami dong dengan mengirim kepada email kami Rencana Anggaran Biaya untuk budidaya gaharu sesuai luas atau ukuran tanah contoh kalo 100 hektar berapa ? fgmgki@yahoo.co.id

  22. Mubakhir
    February 3, 2010

    saya punya pohon gaharu, yang usianya kira-kira 500 tahun. Tapi daunnya mirip singkong, jenis gaharu apa itu ?

    • didik
      February 3, 2010

      bisakah kirim fotonya. dan akan lebih baik jika kirim spesimen daun, kulit, dan buah.

    • jonet
      January 5, 2011

      itu ganja pak namanya… kalo nggak singkong raksasa… atau mungkin Randu alas kalo di jawa……

    • hendra
      April 7, 2012

      itu namanya pohon purba,..gak usah diinokulasi juga udah ada gubalnya,

  23. Pingback: Dearest mas Duto « SUPERGAHARU

  24. hariadi
    February 12, 2010

    mau tanya,,,,,
    saya ada gaharu beringin….
    berapa pasaran harga ny ? mhn bantuan…

  25. teguh winarno
    February 19, 2010

    Assalamu’alaikum warohmatulloh…
    Saya berminat budidaya penghasil gaharu (aqularia malancensis). Tapi kendala saya selama ini masih tidak mengetahui teknis budidayanya. Rencanya saya pgn nyoba menanam 100 bibit dahulu, kebetulan lahan yang saya miliki hanya cukup menampung 100bibit.

    Mohon bantuan dari para pembudidaya gaharu untuk bisa membagi ilmunya kpd saya. Terima kasih sebelumnya.
    ~lordchink@gmail.com~

    • Taufik
      March 1, 2010

      saya Insya Allah bisa bantu silakan hubngi 081272032377

  26. teguh winarno
    February 19, 2010

    Assalamu’alaikum warohmatulloh…
    Saya berminat budidaya penghasil gaharu (aqularia malancensis). Tapi kendala saya selama ini masih tidak mengetahui teknis budidayanya. Rencanya saya pgn nyoba menanam 100 bibit dahulu, kebetulan lahan yang saya miliki hanya cukup menampung 100bibit.

    Mohon bantuan dari para pembudidaya gaharu untuk bisa membagi ilmunya kpd saya. Terima kasih sebelumnya.
    bisa di kirim ke e-mail: lordchink@gmail.com

  27. sutiawan
    February 24, 2010

    saya mahasiswa perkebunan politeknik andalas dan ingin mendalmi usaha ini ke depan nya?
    untuk usaha pemula apa yng harus di pertimbngakan utuk usaHA BUDIDAYA GAHARU?dan bagaiman saya dapatkan bibit atau benih gaharu? tanhks mohon di jawab

  28. oud maniacs
    February 25, 2010

    saya butuh daun gaharu bagian pucuk muda dan daun mudanya dari jenis aquilaria malacensiss atau microcharpa saja. dan supllier yg bisa kontinyu..harga perkilo saya beli 15.000 di jakarta ,dlm kondisi kering angin 4 hari ( kering tempat teduh ,bukan kering matahari & hygenis ,artinya tidak bercampur dgn barang lain dan tempat pengeringan harus bersih)..harap kirim sample dahulu ,2 -3 kg …
    saya butuh sekitar 200 kg utk tahap awal continiue,.insya allah.silahkan hubungi 081311470157

    • Taufik
      March 1, 2010

      Insya Allah saya bisa sediakan…. bisa hubungi 081272032377

      • eddy
        December 28, 2010

        bisa disediakan hub 081349770101

  29. rizqi
    February 28, 2010

    saya di padang butuh investor untuk lahan 100 hecktare,.. bibit sudah tersedia, namun belum mencukupi. bagi yang berminat bisa langsung konfirmasi ke email. hidayat.riski@ymail.com atau bisa langsung hubungi ke No : 081319922169 atas Nama : Topani.

  30. candra kelana
    March 10, 2010

    bagi yang membutuhkan bibit gaharu,hubungi saya di no hp 0852 7097 0852.harga special kualitas memuaskan

  31. chiksz
    April 1, 2010

    beritahu cara merawat pohon gaharu

  32. Taufik Rahman
    May 12, 2010

    Bagi rekan2 khususny di Wilayah Provinsi Lampung yg ingin Budidaya GAHARU, kami menjual Bibit GAHARU berkualitas jenis Aquilaria Malaccensis dan juga membuka PROGRAM KEMITRAAN BUDIDAYA GAHARU…berniat serius Hubungi Taufik 081272032377 atau email apung_opik@yahoo.co.id

  33. ADRIL SUHERMAN
    May 25, 2010

    asalam mualaikum ww. saya telah men jalan kan semua saran dari bapak mulai dari pengeboran sampai penyuntikan obat yg bapak berikan.melalui pak MUGTAR dan bahkan saya telah memasang besi sebagai tambahan seperti yang bapak sarankan.sekarang saya minta saran dari bapak gimana langkah untuk selanjutnya.apa d biarkan begitu saja atau ada tambahan yang lain?(AD lubuk basung)

  34. Pujiadi
    June 9, 2010

    As wr wb. Budidaya pohon gaharu yang ada di malang jawa timur apa ada dan alamatnya mana trima kasih pak

    • antoks
      July 11, 2010

      kalo butuh bibit gaharu super saya ada di malang hubungi di 081 9377 5588 dengan pak Ageng.

    • Dwi Prihanto
      July 12, 2010

      As wr wb. Yth. Pak Pujiadi. Saya orang malang. tepatnya berdomisili di wil. Kec. Sumberpucung. Saya termasuk pemula dlm mencoba tanam gaharu di pekarangan rumah sejak tahun 2000. Pertumbuhan pohon bagus. Mari kita sharing bersama. Bibit saya beli dari NTT. dan sekarang saya sdh bisa melayani kebutuhan bibit bagi yang berminat. (No. HP: 081 25262027) Wass. wr. wb.

  35. iska belasungkawa
    June 19, 2010

    walah-walah….. nampaknya orang-orang disini antusias untuk menanam gaharu,,, apresiasi yg positif bagi anda-anda semua. tapi, nampaknya banyak pertanyaan yang tidak dijawab oleh pengelola blog. saya membutuhkan informasi harga gubal super grade brapa ya? soalnya saya mau jual gaharu tapi belum dapat harga yang pas, enggak banyak sih,,, cuma ada sekitar 50 Kg aja. tolong ya info harga gaharunya. kalau memang anda dapat membeli dengan harga yang lebih tinggi maka saya akan siap jual itu barang, dan mungkin ini untuk pemula dan akan menyusul dalam partai yang lebih besar.

    • iwan
      July 3, 2010

      anda mau buka harga berapa untuk gaharu super grade???
      bisa di kirim kan contoh nya melalui foto?

  36. yuhadi
    June 29, 2010

    tolong info siapa yang beli dan berapa harga gaharu wilayah lampung, saya sudah tanam 300 btg, bgm prospeknya kedepan ?

  37. muhammad junaidi
    July 1, 2010

    tolong beri petunjuk cara penanam yang benar pada pohon gaharu untuk tanam di pekarang rumah agar tumbuh dengan baik dan benar terimah kasih atas bantuan nya ( al. Pontianak /085211164799)

  38. Dwi Prihanto
    July 11, 2010

    Perkenalkan nama saya Dwi Prihanto asal Malang Jawa Timur, termasuk pemula dalam melakukan budidaya pohon gaharu di pekarangan rumah. Bibitnya saya beli dari NTT pada tahun 2000. Sekarang pohon tersebut sudah berumur 10 tahun, bahkan sudah berbunga dan bijihnya telah berhasil saya semai. Saya sekarang telah memiliki 1000 bibit gaharu yang baru saya pindah ke poliback, untuk dipersiapkan bagi handai-tolan yang berminat budidaya pohon gaharu. Pertanyaan saya: (1) bagaimana cara inokulasi?, dan (2) cara memperoleh bahan (Jamur) untuk inokulasi?. Trimakasih. Balas lewat facebook: dwi_prihanto@um.ac.id HP: 081 25262027

  39. ADRIL SUHERMAN
    August 6, 2010

    asss……bagi yg membutuhkan bibit gaharu jnis agualeria malacensis dgn harga 20rb perbatang umur 5bln.hub saya 081363393283.atau wwangi17@yahoo.com untk partai bsr harga bisa nego.saya berada di padang SUMATRA BARAT

  40. ADRIL SUHERMAN
    August 6, 2010

    anda membutuhkan bibit gaharu jenis agualeria malacensis untk inpormasi hubungi saya 081363393283 atau wwangi17@yahoo.com.dgn harga 20rb per btg.di tempat

  41. edi
    August 11, 2010

    Kami menyediakan bibit pohon penghasil gaharu.
    Jenis : Aquilaria sp. (hasil analisa sampel daun menunjukan Aquilaria malaccensis)
    Tinggi : 40 cm up
    Harga : pembelian > 5.000 batang Rp. 1.500/batang (eceran Rp. 2.000-3.000/batang)
    Lokasi Persemaian : Kab. Kampar – Riau
    CP : 08197623600
    Silahkan datang dan pilih sendiri bibitnya.

  42. ramadhan
    August 14, 2010

    pak saya mau tanya, mengapa ada yang jual bibit gaharu dengan harga bervariasi terutama A. Mallaccencis, ada yang jual Rp. 1800, – s/d Rp. 50.000,-. Sebenarnya apa sih yang membedakan, padahal kan jenisnya sama ya A. mallaccencis, kok begitu mencolok perbedaan harganya ya ….

    • Syaiful amri
      December 25, 2010

      yang membuat perbedaan umur bibitnya dan tinggi bibitnya

  43. Taufik
    August 16, 2010

    Saya mempunyai alat penyulingan gaharu di jambi
    Bagi rekan 2x yg mau bekerja sama dgan saya silahkan hubungi saya 081373369637

    • hendra
      April 7, 2012

      cari invstor buat inokulasi gaharu..saya punya pohon gaharu alam satu hamparan sebanyak 45 batang rata2 diameter 35-50cm tinggi rata2 20 m , bagi yang berminat kerja sama inokulasi silahkan hubungi ke 0852 66 057 556 wilayah sarolangun-jambi.

  44. Taufik
    August 16, 2010

    Saya mempunyai alat penyulingan gaharu di jambi
    Bagi rekan yg mau bekerja sama dgan saya silahkan hubungi saya 081373369637

  45. MHD.RIDWAN
    August 23, 2010

    Bagi yg berminat budidaya gaharu silahkan contact saya di no 085211758175- 08116201020, hanya dgn 500 rb rupiah sdh dapat bbt gaharu 10 btg+sertifikat +inokulasi grts

  46. purnomo
    September 2, 2010

    mohon bantuan makalah / brosur budi daya kayu gaharu.
    krn saya mau kembangkan di daerah propinsi jambi.

  47. wahid.aabdul
    September 18, 2010

    minta informasi mau tanam pohon gaharu tapi belum tahu pembelian bibit pohon tersebut dari mana .lokasi kami di kabupaten indramayu jawa barat.

  48. sandy
    September 28, 2010

    tolong infokan kualitas tanah yg co2k untuk pohon gaharu karena sya punya lahan 1 ha yg koson dan aku tertarik untuk budidaya pohan gaharu

  49. eko
    October 12, 2010

    gimana caranya supaya gaharu itu bisa keluar galihnya????
    oya, tlong dong kasih tau saya tips2 cara menanam gaharu yang baik??

  50. gaharu
    November 10, 2010

    Jual Bibit Gaharu SubIntegra asli thailand, tinggi bibit 1-1,5meter, harga bibit : 80rb/pohon.
    Pohon ini setelah berumur 3 tahun, akan di beli kembali 1-1,5jt/pohon,
    ukuran 1 hektare tanah 2.000 pohon
    Minimal pembelian 2.000pohon
    hub : 081314424889, newprint_jkt@yahoo.com
    terima kasih

    • rokib
      April 13, 2011

      satu hektarnya jadi 80 juta,wah mikir2 pak kucurkan dana sgtu…..lihat saja yg jual bibit sama yg beli gubal banyak yg jual jadi gak usah muluk2 kita tanam sdikit saja yg penting ada partisipasinya,gak terlalu nafsu dg harga yg selangit…

  51. inaf
    November 15, 2010

    pak saya di daerah riau tpt nya pekanbaru jka saya ingin menanam tanaman gaharu tmpat membeli bibit nya di mna ya

    • hendra
      April 7, 2012

      saya punya bibit aquilaria malacensis

  52. inaf
    November 15, 2010

    nh no hp sy 081268943075 dan cara perawatan nya

  53. roger
    November 16, 2010

    saya sangat tertarik dengan menanam gaharu..saya tinggal di manado..dimana saya bisa mendapatkan bibitnya

  54. syabir
    November 29, 2010

    salam buat kelompok 88 mohon minta proposalnya biar saya bisa mengembangkan gaharu secara benar dan bisa berhasil seperti kelompok anda

  55. martin
    December 1, 2010

    pak saya martin mao bertanya,apakah pohon gaharu beringin bisa di tanam?

  56. martin
    December 1, 2010

    pak saya martin di kalteng mao bertanya,apakah pohon gaharu beringin bisa di tanam?

  57. RUDI
    December 2, 2010

    agan2 yg terhormat saya butuh kayu gaharu super punya ?

  58. Handhy Yogya
    December 8, 2010

    Untuk daerah Yogyakarta. Dimana saya bisa mendapatkan bibit Gaharu. Berapa harga per batang?

  59. johanes
    December 19, 2010

    saya punya gaharu beringin 1500 pohon umur 4 tahun mohon info kemana saya menjualnya nti.???
    bila ada kirim info ke: ans_ouroe@yahoo.com. mksh

    • muhammad doddy
      April 25, 2011

      silahkan kirim informasi lengkap ke saya…..
      jenderalbesar99@yahoo.com
      atau via telp 085261254447

  60. Syaiful amri
    December 25, 2010

    Bagi yang berdomisili di wilayah sumatera kami menyediakan bibit gaharu jenis Aqualeria Malacensis,biji,daun dan buah, bibit berasal dari kab. Langkat,harga nego…kami juga menyediakan konsultasi dan inokulasi serta kemitraan.
    Contact person Kelompok petani Gaharu Aroma Perdana MAHMUDDIN SANY HP. 0891362286599
    desa pekan Bohorok Kec.Bohorok Kab.Langkat

    • geo tobing
      January 7, 2011

      ada lahan kosong milik keluarga sekitar 30 hektar di daerah tapanuli utara – sumatera utara untuk ditanami gaharu.. sistem bagi hasil lebih diminati, sewa juga boleh… bagi investor yang berminat silakan hubungi 085763147122

      • muhammad doddy
        April 25, 2011

        Kalo sistim bagi hasil kita berminat namun kita harus tau tepatnya lokasi anda di taput dimana? biar kita survey…Thanks …anda bisa hubungi saya di 085261254447…..doddy

  61. Dedis
    January 7, 2011

    jenis tanah yang bisa ditanami Gaharu bagaimana ya, mohon petunjuk, saya ada rencana mau budidaya Gaharu

  62. Herbert Hutasoit
    January 10, 2011

    Trima kasih atas info ttg Pohon Gaharu,saya sangat brharap utk dpt Bibit Gaharu tsb.untuk ditanam dilahan Org Tua seluas 3 ha,bagaimana caranya cepat dpt bibitnya ????mohon petunjuknya .

    • Arif
      February 1, 2011

      Kami menjual bibit Gaharu jenis Aquilaria malaccensis tinggi 40cm Posisi bibit ada di madiun jawa timur, jumlah 300rb pohon kemasan polibag, jika ada yang berminat hubungi 08123401168, harga mulai 7500 ke atas tergantung kuantity

      • jaelani mustofa
        February 29, 2012

        posisi saya di Lumajang. minimal pembelian bibit berapa pohon? klo barang sampai di tempat berapa ongkos kirimnya? harga 7500,- bibitnya tinggi berapa cm?

    • niko
      June 5, 2011

      saya jual bibit gaharu dan benihnya,harga mulai 4rb saja pm aja 085735825680 niko_pratama10@yahoo.co.id

      • Jupiter Zxz
        November 20, 2011

        posisi dmn pak……klo d daerah jatim aku ingin beli.

  63. hasan/chenyunfei
    January 11, 2011

    saya lagi butuh gaharu super dan a b ,bagi yang punya tolong emailkan foto dan harga ke saya.terimakasih

  64. hasan/chenyunfei
    January 11, 2011

    email saya:chenyunfei585@yahoo.com.cn telp 081233-885-999

  65. ichsan
    January 27, 2011

    Bagaimana mendapatkan gaharu di Prov. Sulsel ?

  66. habibbulloh
    January 30, 2011

    pak, saya memiliki gaharu sebanyak 120 pokok yg sudah berusia 3,5 tahun yg terletak di kalimantan barat. bagaimana cara merawatnya agar hasilnya bsa maksimal…..
    kira2 brapa tahun lagi bsa d panen….trimakasih

    • Cia Ciumin
      March 22, 2012

      itu pohon harus diinokulasi terlebih dahulu di tahun ke 5, kemudian menunggu lebih kurang 2 thn lagi, baru bisa di panen.

  67. Agus
    January 30, 2011

    Siapa yg punya daftar harga semua jenis gaharu sy minta tolong kasih tau. Terima kasih. O81952983127

  68. Agus
    January 30, 2011

    Apa harga gaharu sebesar 25 jt per klo tidak bohong-2an. Kalau begitu semua orang di desa saya dalam 2_thn bakal jdi kaya semua.

    • boony
      April 7, 2012

      kalo harganya segitu bisa kaya semua petani gaharu..emas aja gk segitu harganya

  69. agus
    January 31, 2011

    kalau di jogja di mana biasa daptkan bibit dan konsultasinya? tks

  70. Arif
    February 1, 2011

    Kami menjual bibit Gaharu jenis Aquilaria malaccensis tinggi 40cm Posisi bibit ada di madiun jawa timur, jumlah 300rb pohon kemasan polibag, jika ada yang berminat hubungi 08123401168, harga mulai 7500 ke atas tergantung kuantity …..

  71. Suryani
    March 14, 2011

    Saya berminat menanam pohon garharu tapi saya butuh pengetahuan perawatan yang mendetel.Gimana caranya ya……..??? yang mau ksh penjelasan terima kasih banyak.

  72. Suryani
    March 14, 2011

    Saya berminat menanam pohon gaharu, tapi saya pengen tau dulu cara perawatan mulai tanam sampai masa panen. tolong dijelasin makasih banyak sebelumnya.

  73. Busthomi
    March 16, 2011

    Saya berminat menanam pohon gaharu, tapi saya pengen tau dulu cara perawatan mulai tanam sampai masa panen. tolong dijelasin juga cara memanennya dengan istilah inokulasi itu apa?

  74. satria
    March 17, 2011

    mohon bantuan nya : buat yg jual CD referensi utk menanam gaharu,mulai dari jenis pohon,cara menanam,serta penyulingan nya..?
    kalo ada,bisa hubungi saya
    081284870808

    • girls
      March 19, 2011

      aq jg mau.. mohon inf ny 081958338332

  75. Yakub
    March 26, 2011

    Bismillah,saya tinggal di bengkulu wilayah Ipuh kab muko2,saya juga minat utk budidaya Gharu terbaik yg siap panen 5tahun tanpa suntik,bagi yg banyak ilmu tentang Gharu bisa bagi ilmu bisa kirim email ke Yakubairrami@gmail.com at 085758061460

  76. Yakub
    March 26, 2011

    Bismillah.saya Yakub tinggal di bengkulu tolong info tentang Gharu bisa panen umur 5tahun tanpa suntik dan Gharu super saya udah coba taman 5batang jenis malaceensis,tolong info tentang garu super,bisa kasih ilmunya ke email Yakubairrami@gmail.com at 085758061460

  77. aswan
    April 1, 2011

    sy menbutuhkan contoh kayu gaharu kelas A sebagai sample. Ada yg bisa menbantu.

    Terima kasih.

  78. pengembara
    April 15, 2011

    Tasbih kayu gaharu ( garu ) memiliki spesial khas harum aroma garu, aroma garu biasa disukai oleh makhluk makhluk ghaib. Memiliki nilai mistik dan keunikan tersendiri.. KAYU GAHARU ( GARU) MEMPUNYAI WARNA KAYU COKLAT MUDA , DAN ADA JUGA YANG BERWARNA COKLAT TUA. BAU KHAS KAYU GARU ( GAHARU ) MENANDAKAN KELAS KAYU YANG TINGGI DAN KUAT KARENA KEHARUMAN KHAS GAHARU ( GARU ) , BANYAK JUGA DIJADIKAN MINYAK KAYU GAHARU. KAYU GAHARU MEMPUNYAI TUAH SEBAGAI SYARAT PERMOHONAN DOA KARENA BAU YANG SANGAT KHAS, MEMBANTU PROSES MEDITASI , PELARISAN, PENGASIHAN, DISUKAI BANYAK TEMAN.

    Nama lain untuk sebutan kayu Gaharu ini mengikut sesuai kultural negeri dan budaya masing masng , misalnya :
    1. Ché n-xiang dalam bahasa Cina and Jin-koh dalam bahasa Jepun ” bermasksd kayu yang tenggelam ( ” sinking incense” )
    2. Pokok Gaharu yang telah diprosess menjadi minyak digelar Oud oleh bangsa Arab.
    3. Di Eropah pula dikenali dengan nama Lignum aquila ( eagle-wood) or Agilawood, kerana rupanya seperti bulu burung helang
    4. Nama lain yang tersebut dialam kitab-kitab agama kristian Aloeswood.
    5. Bagi negara Malaysia dan Indonesia dikenali dengan nama ” gaharu” .
    6. Di Papua New Guinea digelar ” ghara” .
    7. Di Vietnam pula dipanggil “ tram huong” .
    8. Di India pula dikenali sebagai ” agar” .
    9. Di Laos dipanggil dengan nama ” Mai Ketsana” .

  79. pengembara
    April 15, 2011

    Teh BLACK OUDS

    TEH BLACK OUDS (GAHARU ) teh yang terbuat dari daun muda gaharu pilihan ternyata tidak hanya enak diminum, cocok dinikmati pada suasana dingin, seperti malam hari atau saat musim hujan tiba.Khasiat Black OUDS1. Obat untuk mengurangi rasa sakit kepala (pusing).2. Meningkatkan stamina bagi pria.3. Meningkatkan stamina dan kesehatan, tidak mudah masuk angin.4. Obat penyakit dalam (sakit perut, dll)
    Tidak semua jenis gaharu dapat digunakan sebagai bahan baku pembuatan teh gaharu, hanya jenis yang tergolong dalam famii Themelaeaceae,dengan jenis tertentu yang dapat digunakan sebagai bahan untuk pembuatan teh gaharu.daun gaharu pilihan dapat diproses menjadi teh hijau gaharu (agarwoodgreen tea) dan teh hitam gaharu, masing-masing mempunyai cita rasa yang khas.

  80. pengembara
    April 15, 2011

    bibit gaharu Aquilaria Malaccensis, Aquilaria Microcarpa asli kalimantan
    Jual bibit gaharuh dari indukan yg sudah berumur 50 thun siap antar seluruh Indonesia tinggi 20 sampai 50 cm harga 2000 / bibit stok kami saat ini ada 700 rb dan anakan tinggi 5 sampai 15 cm harga 1200 / bibit

    • zainal abidin
      June 7, 2011

      lokasi bapak dimana ? dimana kami dapat info selanjutnya ? untuk mendapatkan bbiit tst.

    • karlia
      January 25, 2012

      saya di jawa timur. saya mau beli bibit yg anda tawarkan. hub saya di 087834546191

    • Jerajak
      March 1, 2012

      Sy sngt atusias untk budidaya gaharu. Tp sy ksulitan mencari bibit gaharu di sintang kal-bar. Ksh infony spa dn dimna ada jual bibit.

    • Jerajak
      March 1, 2012

      Sy sngt atusias untk budidaya gaharu jenis super. Tp sy ksulitan mencari bibit gaharu di sintang kal-bar. Ksh infony spa dn dimna ada jual bibit. Dan jika mesan bibit ke gaharu 88 brp harga/btg smpai ke sintang.

  81. jangkan
    May 19, 2011

    kita lagi budidaya nih, bagaimana panennya

  82. zipo
    May 19, 2011

    Yth. Kelompok Gaharu 88

    Salam hormat,

    Mohon bantuannya ,untuk mendapatkan bibit gaharu di daerah luwuk , sulsel .
    Apakah gaharu cocok untuk ditanam di area tanam pohon jati mas ?

    Terima kasih

  83. ari
    May 22, 2011

    apakah gaharu cocok di tanam lahan yang gambut ??
    mohon pengetahuannya,.,

  84. Pasi
    May 23, 2011

    Saya berdomisili di Kal-Bar, tepatnya di Kota Singkawang. Saya mohon kepada Sdr2 siapa yang mempunyai informasi Penjualan Isolat jenis Cylindrocarpon. Atas perhatiannya saya ucapkan Terimakasih!

  85. zainal abidin
    June 7, 2011

    mohon bantuan petunjuk tentang pembudidayaan gaharu lewat e-mail saya : abidinzainal99@yahoo.co.id saya ucapkan terima kasih, lokasi di kota jambi, letak tanah di muara sabak tanjung jabung timur, area komplek perkantoran bukit menderang muara sabak

  86. Pelangi Poto
    June 16, 2011

    keluarga kami punya puluhan pohon gaharu,untuk obat suntik daerah lampung utara dimana ya,thanks

    • Cia Ciumin
      September 28, 2011

      boleh menghubungi saya di 081263995399

  87. Pelangi Poto
    June 16, 2011

    area itu akan jadi area gaharu,jika prospeknya sangat menjanjikan,di lampung utara,saya belum tahu persis,dimana pasaran gaharu?,jika janji tidak terbukti,mendingan tanam sinkong saja,9 bulan langsung terbukti nilainya….nanti,setelah kita tanam ber hektar2 pohon gaharu,ternyata jualnya susah?…aahhhaaaberharap hujan turun dari langit,air ditempayan ditumpahkan..kasihan…apakah dinas kehutanan punya strategi untuk membeli gaharu rakyat?paling tidak kaak bulog begitu? salam dari penyka gaharu…

  88. DARUL
    June 24, 2011

    ciri2 pohon garu yang super seperti apa,,,secara keseluruhan,, saya memiliki pohon garu sebanyak 350 batang,,,

    • Cia Ciumin
      September 28, 2011

      pohon gaharu itu bila tidak di terapi, tidak bakalan mengeluarkan gaharunya….

  89. dikin
    June 28, 2011

    sy bru pertama kali akan menanan pohon gaharu. mohon petunjuk…

  90. jemi
    July 3, 2011

    jual : anakan gahru termahal di dunia aquilaria sub integra tinggi 1,5 m, per anakan/ pohon 75 ribu. butuh 4 tahun tuk panen, kami beli kembali dengan harga mahal.
    hubungi : 0821 47 363 202 / alexanjemi333@gmail.com
    stok banyak
    NB : khusus pemula tidak perlu takut tuk berbisnis karena tidak mungkin rugi .

  91. ravina
    July 6, 2011

    gimna cara mendapatkan bibit gaharu d wilayah medan.

    karna saya berminat untuk menanam.

  92. dikin
    July 18, 2011

    kepada yth. kelompk gaharu 88
    sy domisili di bulukumba, sul-sel. mohon petunjuk, sy sementara menanam gaharu sejkitar 800 pohon. dan msih butuh bibit sekitar 100 pohon. sy juga belum paham 100% mengenai pemeliharaannya.

    wassalam, thanks (dikin)
    email: dikindang@yahoo.co.id
    HP: 085255508383

  93. Herpa simanjuntak
    July 28, 2011

    saya juga ingin berkebun gaharu dengan luasan 1000 Ha ( kelompok Tani) saya mau tanya cara memperoleh bibit dan cairan inokulan, mohon info ke email saya irvansiman@yahoo.com. makasih

  94. clink
    August 3, 2011

    saya baru mulai mau tanam gaharu di daerah jawa timur, mohon petunjuk sama yang sudah berpengalaman

  95. Hasim
    August 8, 2011

    Salam kenal,

    Saya tertarik dengan pelatihan budidaya gaharu.
    Apakah ada yang bisa menyediakan pelatihan tersebut?

    Akan lebih baik jika lokasi pelatihan di sekitar Jakarta/Bogor.

    Terimakasih banyak sebelumnya.

    Hubungi saya di 021-26381662 atau email info @censin.com

  96. ass. dimana saya akan menjual tanaman gaharu saya? saya berada di kec. sabbang sulsel. 085299335642.

  97. asmonilancieng
    August 12, 2011

    pak saya mohon infonay untuk pembelian bibi tpohon gaharu yg berkualitas bagus,,tempat saya di Sumenep-Madura,,,bisa kirim lewat email saya…
    asmoni.sareank@gmail.com

    terimaksih atas bantuannya

  98. asmonilancieng
    August 12, 2011

    sekalian saya minta bantuan dan bimbingan bapak beserta kelompok Gaharu. bagaimana caranya menanam pohon gaharu muali dari bibit sampai kemudian panen serta pemasaran hasil panennya,,saya mempunyai lahan yang sangat luas untuk ditanami pohon gaharu ini,,makasi atas bantuannya
    ini alamat email saya
    asmoni.sareank@gmail.com

  99. Toko Bunga Alam
    August 16, 2011

    wah menggiurken ini…
    saya punya 2 hektar lahan nganggur tp di sulawesi :((

  100. bibi
    October 1, 2011

    sy berdomisili di kediri jawa timur dan ada lahan (2 ha) rencana akan sy tanam sengon tp klo ada yg berkenan kerja sama utk menanam gaharu sy tunggu ( bibi) 082140154008

  101. Budidaya Gaharu
    October 7, 2011

    bisnis yang sangat mengiurkan untuk para petani…investasi sekali untuk masa depan dihari tua…

  102. mei
    October 9, 2011

    saya punya lahan 10ha selama ini saya sering mendengar tentang pohon gaharu. saya minta tlng informasi bibit dan info pasca panen. saya tinggal di lampung timur. hp 07259904689

    • Cia Ciumin
      October 10, 2011

      bibit bisa kita sediakan, dan lebih mengharapkan lagi hasil panennya… silahkan hubungi 081263995399, terima kasih.

  103. Fernando
    October 10, 2011

    Apakah Saya bisa minta rencana program Bapa untuk pengolahan Gaharu di masa depan?

    Thanks
    fernando.sinaga@msn.com

  104. yusnofianto
    October 11, 2011

    saya punya lahan disulawesitenggara rencananya sy ingin tanami gaharu,cuma sy blm tahu pasti didaerah sy ini yg cocok aquilaria cumingiana atau yg lain,trs dekat2 sy ini ada gak yg punya bibit,harga berapa?contact me 081527777909 atau 081230738769,atau email ke yusnof@gmail.com

  105. icank
    October 13, 2011

    pak kira-kira untuk mendapatkan bibit gaharu dimana untuk daerah jawa barat dan jakarta

    • didik
      December 1, 2011

      silakan datang di Ciawi, sebelumnya bisa kontak dulu ke 0812 1838 0386

  106. Hamdan Yuafi Kaloko
    October 25, 2011

    dimana saya bisa mendapatkan bibit pohon gaharu, dan berapa harga /batangnya,

  107. roffy
    November 1, 2011

    jual bibit gaharu beringin (aquillari Filaria) asli kalimantan harga Rp.3000 di tempat Rp.5500 untuk pemesanan dan kayu gaharu jenis super harga Rp.15.000.000 ditempat, dgm Alamat Sidomulyo nanga Pinoh Kab.Melawi Nomor HP.082155238222. kami tunggu stok terbatas.

    • roffy
      November 1, 2011

      jual bibit gaharu beringin ukurn 30-40 cm (aquillari Filaria) asli kalimantan harga Rp.3000 di tempat Rp.5500 untuk pemesanan dan kayu gaharu jenis karas super harga Rp.15.000.000/kg ambil ditempat, dgn Alamat Sidomulyo nanga Pinoh Kab.Melawi Kalimantan Barat Nomor HP.082155238222. kami tunggu stok terbatas.

  108. Restsindo - hty
    November 11, 2011

    Budidaya yang lebih detail saya tunggu, termasuk cara melakukan inokulasi fungi Fusarium ……

  109. zakhy
    November 21, 2011

    gaharu sangat menggiurkan hayalan menjadi melambung tinggi, aku menanam gaharu cabut (istilah disulawesi) luwu timur,tumbuhnya susah, gaharu cabut termasuk jenis gaharu apa ya??? tolong bahasa latinnya….botani

    • gaharumamuju
      December 1, 2011

      mungkin maksudnya adalah bibit gaharu hasil dari mencabut langsung dari bawah pohon induknya, jadi bukan hasil semai budidaya. gaharu cabutan memang perlu penanganan khusus ketika dipindah ke polibag atau lahan budidaya karena mungkin ada faktor stress sehingga sulit bertahan hidup. kalau di sulawesi kayaknya banyak jenis aquilaria cumingiana bro….

      • zakhy
        January 27, 2012

        makasi info dan masukannya bro,dimana ya saya bisa dapatkan bibit gaharu hasil semai budidaya untuk wilaya sulawesi selatan jenis aquilaria malaccensis…………

  110. mahato
    December 1, 2011

    budidaya gaharu, suatu pandangan yg sangat positif. mohon keterangan yang lebih jelas.
    cara pembibitan-pemasaran. salman di riau

  111. Galih Djati
    December 2, 2011

    saya butuh biji gaharu untuk saya semai kwalitas unggul jenis A.malaccensis.Bagi yg bisa bantu mohon hubungi saya di : 0817773639 (Bagas)

  112. lamhot
    December 7, 2011

    tersedia lahan kosong di batam kepri luasan 3 Ha,lahan sudah siap ditanami, kalo ada yang mau kerjasama menanam gaharu bisa hubungi di 081277458427 ( bpk.samosir)

  113. Yudhi
    December 17, 2011

    Sy berminat dngn gaharu, mohon infonya gmana cara pemeliharaannya.

  114. Arief Almutazam
    December 19, 2011

    kalau saya berminat untuk menanam gaharu bagaimana caranya saya bisa mendapatkan bibitnya…?!?!? Terima kasih

  115. Arif Abdul Roziq Mustofa
    December 21, 2011

    Kami menjual biji gaharu 1 paket 350rb sampai ditempat, bibit gaharu dalam bentuk polibag 13rb perbatang (Genus unggul “Aquilaria Malaccensis”) ad memo keaslian bibit, ada jaminan pembelian gubal pasca panen, ad jaminan penyediaan serum untuk inokulasi. Ada jg program investasi gaharu dg sistim bagi hasil yang dijamin saling menguntungkan hubungi 085758926061

  116. maia
    December 27, 2011

    baru dengar soal gaharu neh, saya di daerah Pandaan, jawa Timur, kira2 cocok gak ya lahan daerah kami ditanami pohon gaharu

  117. renal
    December 27, 2011

    kalau ada yang cari gaharu saya ada
    bagi yg membutuhkan nya harap hubungi saya?
    di email slankrenal@yahoo.co.id

    • renal
      December 27, 2011

      saya mempunyai 20 batang gaharu?
      sudah disuntik oleh lipi tipe
      aquilaria malaccensis)
      bagi yang beminat bisa hubungi saya>
      atau datang aja lansung ke alamat
      gasan kecil kab agam
      sumbar
      slankrenal@yahoo.co.id

  118. Maran Marcellinus Aseng
    December 30, 2011

    saya tertarik untuk budidaya garahu super. Pertanyaan saya adalah:
    1. Berapa harga bibit hingga sampai ditempat saya, di kota Pontianak Kalimantan Barat?
    2. Jarak tanam yang paili baik untuk permtumbuhan maksimal?
    3. Dapatkan ditanam tumpang sari dengan tanaman lain (jenis apa) dan saling memacu pertumbuhan?
    4. Bagaimana biaya penyuntikan dan berapa lama baru boleh panen setelah penyuntikan.
    5. Berapa harga per kiligram untuk tiap mutu?

  119. cris
    January 2, 2012

    saya minta tolong dengan kelompok garu 88 menbantu saya dalam rencana saya membudidayakan kayu gaharu di kal-bar.tq
    salam(cris.filix@yahoo.com/0813 5251 8019 : cris)

  120. MOERY
    January 2, 2012

    Telah hadir system investasi pohon gaharu, hny dengan investasi sbsr 500rb qt memiliki 1pohon gaharu, 2jt=7pohon, 5,5jt=21pohon, dengan mengambil program investasi ini maka qt akan lebih menghemat LAHAN,TENAGA dan BIAYA, buktikan!
    cp: 081322232805
    085624036805.

  121. abdurrahman hadi
    January 15, 2012

    ane ada biji gahru gyrinops fresh dan benih tinggi 15cm
    hub 082143416638

  122. syabab
    January 21, 2012

    Kita Menjual Bibit GAHARU Berkualitas
    Untuk wilayah Pekanbaru Kota, Kab. Rengat, Kab Bengkalis, Kab Siak, Kab Pelalawan, Kab. Kampar, Kota Dumai, Bagan siapi-api, kab. tembilahan, sekitarnya
    HP. 0853 7624 4454

    Untuk wilayah Ranai, Natuna, Bunguran Barat, Bunguran Timur, P Langong, P Batang, P Sedanau, P selangor sekitarnya
    Hubungi Bpk. SAKIRUN HP. 0813 7233 5120

    Untuk wilayah Selat Panjang, Pulau Rangsang, Rangsang Barat, Merbau, Tebing Tinggi, Karimun, Karimun Besar dan Pulau Mendol sekitarnya
    Hubungi Bpk. BAKRI HP. 0852 7203 4833
    Atau ke gaharuriau@gmail.com

    KAMI MELAYANI PEMBELIAN DI SELURUH INDONESIA

    KALAU BISA BELI YANG DEKAT NGAPAIN JAUH-JAUH karena MENGHINDARI KERUSAKAN AKIBAT PENGIRIMAN, dan BEA kirim.

  123. Emha
    January 26, 2012

    Untuk wilayah Jawa Tengah & sekitarnya, kami menyediakan bibit Gaharu Aquillaria Malaccencis.

    -Tinggi pohon : 20 – 30 cm
    – Harga bibit : Rp 6.000 s.d 10.000 per pohon (tergantung jumlah pembelian)

    Lokasi bibit di Solo
    Hub 0271-9385235

  124. Sijas
    January 27, 2012

    untuk sumatra utara saya mumpung ada bibit Gaharu,Harga ,12000/Batang,kalau ada minat,hubungi,082174924292,dgn sijas.

  125. Suwarto
    February 10, 2012

    Saya sedia bibit gaharu jenis A malacensis tinggi 20 cm 1 paket isi 80 pohon Harga Rp 350.000 sudah termasuk ongkos kirim. Jika beli lebih dari 7 paket bebas ongkir. Ada subsidi inokulan 75 % dari perusahaan dan hasil panen akan di beli oleh perusahaan ( Ada memo perjanjian dari perusahaan) Hubungi Suwarto 085227348404.

  126. Darsan
    February 11, 2012

    Insyaallah akan kami coba mencari lahan

  127. gabe
    February 21, 2012

    Bisa dikirm proposal budidaya gaharu?
    Apakah untuk Propinsi Kepulauan Riau sudah ada?

    Tlg info dikirm ke herbert_nba@yahoo.com

    Trimakasih byk

  128. gabe
    February 21, 2012

    Tolong secepatnya diberi informasinya..
    Udah gawat kondisi disini..
    Butuh yg cerah2
    ASs.. ShaLom

    • Suwarto
      March 3, 2012

      sILAHKAN BELI BIBIT DULU HUB 085227348404 SUWARTO

  129. Suwarto
    February 23, 2012

    Kami sedia Inokulan gaharu per kilogram Rp 350.000 plus ongkos kirim ke daerah anda. Kami juga sedia bibit gaharu tinggi 20 cm isi 110 harga 400.000 sudah termasuk ongkos kirim. Hubungi Suwarto 085227348404

  130. a r i
    February 24, 2012

    assalamualaikum , bbbbbbbbbbbaaaahaggiaaa, salam gaharu mania. nitip gan ane punya stokc bibit gaharu kw super , di kediri jawatimur ,siap kirim ke seluruh indonesia, hubungi ariyusuf. UD alan agrobisnis indonesia, cp: 085 642 176 915. email: haizummoslem@yahoo.co.id. facebook: perindu surga.
    diobral murah meriah sing penting ndang entek

  131. a r i
    February 24, 2012

    assalamualaikum , bbbbbbbbbbbaaaahaggiaaa, salam gaharu mania. nitip gan ane punya stokc bibit gaharu kw super , di kediri jawatimur ,siap kirim ke seluruh indonesia, hubungi ariyusuf. UD alan agrobisnis indonesia, cp: 085 642 176 915. email: haizummoslem@yahoo.co.id. facebook: perindu surga.
    diobral murah meriah sing penting ndang entek

  132. nuran
    February 28, 2012

    saya menjual bibit cabutan kayu gaharu berminat silahkan hubungi no HP. 081345082818 Sangata kutai timur

  133. Jerajak
    March 1, 2012

    Brp harga bibit gaharu super dari klmpok gaharu 88 / btg smpai ke sintang kalbar dan disintang ada nggak yg mnangkar bibit super. Mhn jwbn secpatnya. Jika ada hub no. 081345111327

  134. Z.Arifin
    March 3, 2012

    Bagi yang berminat mrncari bibit gahuru untuk wilayah Bogor hubungi kami di no Hp : 0878 70265449, cp. Zainal Arifin. Bibit Gaharu Super,peminat serius segera hubungi, kami juga melayani kerjasama untuk perkebunan gaharu dengan tenaga ahli dari Balai Penelitian Departemen Kehutanan Republik Indonesia.

  135. peny
    March 7, 2012

    di tempatsaya dikalimantan masih bakyak garu ramas yang bisa dijadikan bibit apa berminat..??

  136. Obang Rahmad
    March 7, 2012

    baru sekarang saya kesampaian mencari literatur dan berbagai artikel tentang gaharu, pada saat saya pulang ke desa warga selalu menyampaikan pesan kepada saya untuk mencari informasi apa kah ada yang ingin membeli bibit gaharu maupun gaharu yang siap panen… selama ini warga selalu menjual hasil panen gaharu mereka ke malaysia….

    Saya Obang Rahmad Di Kalimantan Barat.
    di desa saya rata2 setiap warga memiliki kebun tanaman gahru.
    tepatnya di desa ng.ambalu, kabupaten sintang kalimantan barat.
    untuk bibit bisa mencapai ribuan batang.
    dan untuk usia gharu di atas 6 tahun juga ada.

    dan bagi teman2 yang ingin medapatkan bibit garu dalam jumlah yang banyak maupun garu yang siap panen, dapat hubungi saya.
    obangarsitek@gmail.com

    pertanyaan saya : apakah ada obat(sejenisnya lah) yang dapat meningkat kan hasil panen dari gaharu? tlg tmn2 infonya ya.

  137. bams
    March 15, 2012

    saya di jember …apa bisa tanam gaharu…..

  138. Santosa J.
    March 17, 2012

    Jual bibit, hubungi : 081330239606. Kami ada di wilayah jatim. Atau cek : http://www.jualbibittanaman.com
    Sdr. Santosa J.

  139. gaharuriau
    March 21, 2012

    Kami Menjual Bibit GAHARU Berkualitas Rp. 500/btg
    Untuk wilayah Pekanbaru Kota, Kota. Rengat, Kab Bengkalis, Kab Siak, Kab Pelalawan sekitarnya
    HP. 0853 7624 4454
    Pengiriman keseluruh Indonesia insaallah

    Untuk wilayah Ranai, Natuna, Bunguran Barat, Bunguran Timur, P Langong, P Batang, P Sedanau, P selangor dan Kepulawan Anambas sekitarnya
    Hubungi 0853 7624 4454 Bpk. SAKIRUN HP. 0813 7233 5120

    Untuk wilayah Kep. Meranti, Batam Kota dan sekitarnya Selat Panjang, Pulau Rangsang, Rangsang Barat, Merbau, Tebing Tinggi, Karimun, Karimun Besar dan Pulau Mendol sekitarnya
    Hubungi 0853 7624 4454 Bpk. BAKRI HP. 0852 7203 4833

    kami juga menjual inokulan gaharu(bahan pembentuk gaharu)

  140. Hady
    March 23, 2012

    Ada gak obat perangsang tuk pembibitan@ terima kasih

  141. Fikri
    March 25, 2012

    Usia brapakh pohon gharu mulai di suntik, dan satu batang pohon gharu berpa persuntiknya ?

  142. SYAHRIL
    April 3, 2012

    Bibit gaharu?..Tuk pecinta gaharu diseluruh nusantara dan bagi yg ingin mengembangkn budidaya gaharu kami siap bantu -penyediaan bibit harga bersaing an kami pandu cara penanamannya samapai tumbuh domisili kami Pangkalan Bun- Kalteng hub:hp.085348461122.085651251777

  143. Wilianto Kandiawan
    April 4, 2012

    Gaharu subintegra asli kamboja… Berminat lgsg ke kebun aja dimedan sumatra utara… wlk_leonhart@yahoo.com

  144. hasan
    April 6, 2012

    pak maaf saya hasan saya berdomisili di ungaran semarang jawa tengah,saya ni mau belajar budi daya gaharu,saya punya sepetak kebun tapi sudah saya tanami sengon,apakah masih bisa di tanami gaharu?dimana saya bisa dapat bibitnya yang di daerah sekitar?harga bibitnya berapa?berapa tahun jangka waktu bisa di panen?misalnya klo sudah bisa di panen bagaimana penjualanya?trima kasih mohon bimbinganya…..
    hasan 085640672446

  145. mukhlis
    April 6, 2012

    Saya mukhlis gresik JATIM,dimana bisa dapat bibit gaharu di daerah Jatim?

Comments are closed.